Telkomsel Jamin Jaringannya Anti Lelet Saat Natal dan Tahun Baru

Telkomsel Jamin Jaringannya Anti Lelet Saat Natal dan Tahun Baru

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 14 Des 2020 17:00 WIB
Spotify berkolaborasi dengan Telkomsel yang menghadirkan akses Spotify premium selama tiga bulan kepada pelanggan pascabayar tanpa perlu mendaftarakan kartu kredit.
Telkomsel jamin jaringannya anti lelet saat Natal dan Tahun Baru. Foto: Telkomsel
Jakarta -

Meski tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, yang mana diterjang pandemi virus Corona (COVID-19), Telkomsel tetap menyiapkan kualitas jaringan dalam menghadapi momen Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Saat memasuki periode Natal dan Tahun Baru (Naru), trafik telekomunikasi biasanya mengalami kenaikan seiring tumbuh pesatnya penggunaan layanan seluler, begitu juga perpindahan titik trafik dari kota besar ke daerah maupun tempat wisata.

Kendati sekarang masih dalam kondisi pandemi COVID-19 yang mengharuskan jaga jarak dan beraktivitas di rumah, tetapi penggunaan layanan telekomunikasi diyakini tetap tumbuh. Hal itu yang melandasi Telkomsel melakukan pengamanan dan peningkatan kualitas jaringan broadband miliknya.

"Seperti tahun sebelumnya, Telkomsel berkomitmen menjamin keamanan layanan kepada pelanggan dalam melewati Natal dan Tahun Baru. Kami memastikan ketersediaan produk, layanan, didukung jaringan Telkomsel yang kuat, luas, dan merata untuk dapat dinikmati seluruh pelanggan," tutur Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro dalam konferensi pers secara virtual, Senin (14/12/2020).

Di Naru edisi kali ini, Telkomsel memprediksi trafik data akan meningkat 10,19% dibandingkan hari biasa di tahun 2020. Sementara, bila dibandingkan dengan Naru tahun lalu, diperkirakan tetap tumbuh sebesar 49,2%.

Telkomsel menyiapkan jaringan berkualitas dalam menghadapi lonjakan trafik saat Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.Telkomsel menyiapkan jaringan berkualitas dalam menghadapi lonjakan trafik saat Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Foto: Screenshoot

Masih meningkatnya penggunaan trafik data tersebut walau dihajar pandemi, operator seluler ini mengatakan, itu didasari pada tren perubahan perilaku pelanggan selama masa pandemi sepanjang tahun ini, di mana terjadi pergeseran pemanfaatan akses layanan berbasis digital untuk kebutuhan mendukung aktivitas keseharian.

Seperti akses layanan media sosial yang diprediksi tumbuh 7,32%, layanan communications (seperti instant messaging dan video conference) melonjak 22,52%, layanan streaming video naik 12,47%, layanan mobile gaming melonjak hingga 18,65%, akses browsing naik 14,21%, serta akses layanan e-commerce yang akan tumbuh sekira 13,17%.

Sedangkan untuk trafik pada layanan SMS, Telkomsel memproyeksi akan terjadi pertumbuhan sebesar 4,89% dibandingkan dengan hari biasa di 2020. Jika dibandingkan Naru 2019, pertumbuhan yang terjadi diprediksi mencapai 0,8%.

Untuk layanan Voice, anak perusahaan Telkom ini memprediksi trafiknya akan tumbuh 2,76% dari hari biasa di tahun ini. Jika dibandingkan dengan Naru sebelumnya, trafik layanan Voice diperkirakan akan turun 12,1%.

Telkomsel menyiapkan jaringan berkualitas dalam menghadapi lonjakan trafik saat Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.Telkomsel menyiapkan jaringan berkualitas dalam menghadapi lonjakan trafik saat Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Foto: Screenshoot

Berdasarkan prediksi tersebut, Telkomsel mengambil langkah antisipatif dengan melakukan optimalisasi jaringan, khususnya pada konektivitas broadband, di 550 point of interest (POI) yang tersebar di seluruh Indonesia. POI tersebut mencakup 304 area residensial, 23 wilayah rumah sakit utama penanganan COVID-19, serta 223 titik strategis utama lainnya di tiap provinsi (meliputi titik jalur distribusi logistik seperti bandara, pelabuhan, jalan, serta fasilitas umum lain).

Dalam melakukan upaya penguatan kualitas dan kapasitas jaringan di POI yang telah ditentukan, Telkomsel mengoperasikan tambahan 587 BTS 4G LTE baru, dan 69 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) serta menambah kapasitas gateway internet menjadi 6.880 Gbps untuk menjamin kelancaran akses layanan data bagi pelanggan di seluruh Indonesia.

Hingga November tahun ini, Telkomsel juga telah mengoperasikan teknologi 4G LTE di seluruh BTS USO yang tersebar di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar), termasuk perbatasan negara hingga pelosok negeri, sekaligus melengkapi lebih dari 233.000 BTS Telkomsel yang sudah beroperasi melayani lebih dari 95% wilayah populasi di Indonesia.

Selain itu, Telkomsel juga menjalankan drive test atau uji jaringan, dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku di setiap wilayah. Total jarak tempuh uji jaringan kali ini mencapai 14.008 km, yang mencakup 26 ruas tol (termasuk yang baru beroperasi) di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

"Upaya penguatan, penambahan, dan pengamanan akses jaringan yang telah dilakukan secara rutin menjadi langkah kami untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, khususnya akan akses layanan broadband, terutama menjelang momen hari Natal dan Tahun Baru," kata Direktur Network Telkomsel Hendri Mulya Syam.



Simak Video "Polda Metro Tak Akan Beri Izin Kegiatan Keramaian Tahun Baru!"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)