Jurus Telkom Genjot Startup Dorong Transformasi Digital

Jurus Telkom Genjot Startup Dorong Transformasi Digital

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 11 Nov 2020 15:15 WIB
Direktur Digital Business Telkom Fajrin Rasyid
Foto: Telkom
Jakarta -

Merebaknya virus Corona (COVID-19) semakin menegaskan bahwa transformasi digital merupakan keniscayaan. Untuk memuluskan proses peralihan tersebut, Telkom menggenjot para pelaku perusahaan rintisan digital atau startup.

Startup peserta yang turut serta dalam program Indigo Creative Nation yang dibuka oleh Telkom beberapa waktu lalu, dituntut memiliki lima kompetensi kekinian guna mencapai kesuksesan transformasi digital dari layanan miliknya.

Direktur Digital Business Telkom Fajrin Rasyid mengatakan, merujuk pengalaman dan pengamatannya, terdapat keahlian-keahlian teknologi yang sedang populer saat ini.

"Pandemi COVID-19 ternyata mempercepat digitalisasi berbagai sektor. Timbul pertanyaan, bagaimana kita sebagai individu dapat mempersiapkan banyak keahlian yang diperlukan agar tidak tertinggal dalam persaingan yang makin ketat ke depan," ucap Fajrin dalam keterangannya, Rabu (11/11/2020).

Diketahui, Telkom tengah membuka pendaftaran Indigo Creative Nation batch 2 tahun 2020 dari 1 Oktober sampai Jumat, 13 November mendatang. Program akselerator startup yang sudah berusia tujuh tahun itu membidik startup untuk diinkubasi hingga pendanaan Rp 2 miliar.

Adapun program batch 2 ini menyasar startup yang bergerak di bidang agrikultur, pendidikan, keuangan, logistik, serta perjalanan dan pariwisata. Startup yang beruntung nantinya akan dimonitoring dari para ahli dan dibuka peluang akses pasar kepada pelanggan Telkom Group, yaitu IndiHome, Telkomsel, maupun pelanggan korporasi serta UMKM.

Fajrin melanjutkan, keahlian digital mutakhir itu ada lima, yakni digital product manager, data scientist, mobile developer, UI/UX Designer, dan quality assurance.

Halaman selanjutnya: 5 keahlian digital...