Potensi Cloud di Industri Telekomunikasi

Potensi Cloud di Industri Telekomunikasi

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 10 Nov 2020 13:10 WIB
Cloud Computing
Foto: istimewa
Jakarta -

Penerapan cloud dinilai bisa meningkatkan efisiensi dalam berbagai industri, tak terkecuali industri telekomunikasi.

Setidaknya inilah yang dilakukan oleh XL Axiata ketika melakukan transformasi digital, dengan mengadopsi layanan cloud milik Amazon Web Services (AWS). Adopsi cloud ini pun didorong oleh pandemi COVID-19.

"Pandemi COVID-19 ini membuat perubahan kebiasaan customer, yang membuat cara kerja kita juga berubah," ujar Yessie D Yosetya dalam sesi jumpa pers virtual, Senin (9/11/2020).

"Sebenarnya sebelum pandemi pun kita sudah memiliki rencana jangka panjang dengan ke cloud sebagai program digitalisasi kami, kami lakukan evaluasi, investasi dan melihat bagaimana keuntungan yang kita miliki ketika migrasi ke cloud," ujarnya.

Menurut Yessie, ada keuntungan tersendiri bagi XL Axiata ketiga bermigrasi ke cloud. Namun menurutnya setiap perusahaan punya cara pandang yang berbeda.

"Di industri telekomunikasi memungkinkan untuk modernisasi. Dari sisi data center saja jelas ada perbedaannya, tidak perlu mempunyai data center sendiri," ujarnya.

Lalu dari cloud pun punya keunggulan dalam hal skalabilitas. Di mana penggunaan infrastruktur yang disewa menyesuaikan kebutuhan pengguna.

Ke depannya XL berencana untuk memindahkan 70% aplikasi yang ada di data centernya ke cloud. Sisanya dirasa tetap perlu disimpan on-premise alias di data center karena adanya alasan teknis, contohnya sensitif terhadap latensi, ataupun aplikasi yang kritikal.

Sementara 70% yang akan dipindahkan ke cloud itu antara lain adalah aplikasi MyXL, Axisnet, XL.co.id, korporat web, dan lainnya.



Simak Video "Masak Masak: Bikin Cloud Bread dengan Bahan Simpel"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)