HP Susah Sinyal Saat Mati Listrik, Ini Penjelasan Operator

HP Susah Sinyal Saat Mati Listrik, Ini Penjelasan Operator

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 01 Nov 2020 16:07 WIB
ilustrasi smartphone
Ilustrasi pakai HP. Foto: Unspslah
Jakarta -

Bersamaan dengan mati listrik yang melanda sebagian wilayah Jakarta, Depok, Bekasi, sampai Bogor, koneksi selular di HP juga ikutan susah tersambung, bahkan mati. Apa penjelasan operator?

"Sejak siang hari tadi telah terjadi kendala pasokan listrik dari PLN di sebagian wilayah Jakarta, Depok, dan Bekasi yang berdampak pada turunnya kualitas jaringan Telkomsel yang mencakup wilayah tersebut," demikian penjelasan Denny Abidin selaku Vice President Corporate Communications Telkomsel

Ia menyatakan untuk saat ini kondisi jaringan dan layanan Telkomsel mulai berangsur pulih seiring dengan sudah tersolusinya pasokan listrik di sebagian besar lokasi. Mereka akan terus memastikan back up power/ pasokan listrik cadangan berfungsi di perangkat jaringan Telkomsel.

"Kami juga akan melakukan monitor secara berkala untuk kondisi perangkat jaringan Telkomsel dan memastikan layanan tetap berjalan normal untuk menjaga kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi. Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi kepada pelanggan yang terdampak," sebut Denny.

Pihak Indosat juga memberi penjelasan. "Indosat Ooredoo menyampaikan bahwa beberapa BTS kami di sekitar wilayah Jabodetabek terkena imbas gangguan pasokan listrik," kata Adrian Prasanto, VP Head of Strategic Communications Indosat Ooredoo ketika dihubungi.

"Saat ini kondisi sudah berangsur pulih dan BTS yang terdampak sudah kembali normal. Kami terus melakukan pemantauan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) untuk memastikan pelanggan mendapatkan pengalaman terbaik menggunakan layanan telekomunikasi kami," tambahnya.

Pihak XL Axiata juga mengakui ada masalah sinyal yang terjadi terkait mati listrik. "Padamnya listrik di sejumlah wilayah di Jabodetabek siang hari ini telah berdampak pada kualitas sinyal XL Axiata khususnya di wilayah DKI Jakarta," ucap General Manager Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih Harlianti.

Ia menyebut tim XL langsung melaksanakan langkah-langkah penanganan secara darurat, termasuk mengerahkan getset guna tetap menjaga operasional BTS di lokasi-lokasi yang membutuhkan dukungan, serta rekayasa jaringan untuk backup jaringan yang terdampak.

"Alhamdulillah hasilnya, saat ini semua jaringan, 2G/3G/4G, sebagian besar telah berangsur pulih. Pengecekan jaringan masih terus kami lakukan, dan tim kami tetap bersiap mengantisipasi perkembangan situasi dan kondisi berikutnya," pungkasnya.

Dipantau detikINET dari linimasa Twitter banyak netizen mengeluhkan mati lampu, bahkan sampai masuk ke deretan trending topic yang sempat ramai dibicarakan hingga 18 ribu cuitan. Tak hanya mati listrik, netizen juga banyak yang kesulitan mengakses internet.

"Sinyal hanya kadang-kadang muncul. Kadang ada tulisan 4G tapi tetap tidak dapat konek. Tidak bisa akses Instagram, WhatsApp dan lainnya, semuanya lah," kata Rio, seorang warga Pondok Gede yang mengalami mati listrik selama 1 jam lebih.



Simak Video "Terkuak! Rusaknya Circuit Breaker Jadi Penyebab Mati Listrik di DKI"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)