Layanan Zoom di IndiHome Gangguan, Ini Jawaban Telkom

Layanan Zoom di IndiHome Gangguan, Ini Jawaban Telkom

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 13 Okt 2020 14:03 WIB
Indihome
IndiHome (Foto: Foto: detikINET/Achmad Rouzni Noor II)
Jakarta -

Sebagian netizen melaporkan tidak bisa mengakses layanan video call melalui aplikasi Zoom di jaringan IndiHome. Gangguan itu sepertinya berangsur-angsur telah membaik alias normal pada saat ini. Bagaimana penjelasan Telkom terkait masalah ini?

Vice President Corporate Communication Arif Prabowo mengatakan bahwa pada saat ini, sedang dilakukan pengecekan dan investigasi ke content provider tersebut karena gangguan yang terjadi spesifik hanya ke layanan yang dimaksud. Sedangkan layanan lain berjalan normal.

"Dalam hal ini, IndiHome hanya menyalurkan akses ke layanan video conference milik content provider eksternal. Adapun kualitas konektivitas layanan sangat bergantung pada konfigurasi dari pihak mitra content provider," jelas Arif Prabowo.

"Sementara itu, akses IndiHome di jaringan domestik serta konten internasional lainnya tetap berjalan normal. Telkom senantiasa berupaya meningkatkan kualitas layanan demi menghadirkan pengalaman terbaik bagi seluruh pelanggan," ujarnya.

Zoom sendiri banyak dipakai saat ini untuk melangsungkan komunikasi secara jarak jauh di tengah pandemi Corona, misalnya untuk belajar dan kuliah online. Maka, gangguan di IndiHome tersebut cukup berdampak bagi mereka sehingga keluhan sempat banyak mengalir di media sosial.

Menurut netizen beberapa saat yang lalu, memang untuk mengakses layanan lain sepertinya tidak ada masalah. Baru ketika mau mengakses Zoom netizen mengatakan ada banyak persoalan.

"@IndiHome tolong dong, ini kenapa gue kagak bisa zoom ya. Padahal aplikasi lain gue bisa buka, cuma zoom doang nggak ngangkat," tulis seorang netizen.

"Zoom sma Indihome lg marahan ap gimana. Nyoba masuk zoom pke wifi ga bisa bisa, giliran pke data baru bisa," tulis yang lain.



Simak Video "Berkat WFH, Pendiri Zoom Masuk Deretan Orang Terkaya di Amerika"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)