Dorong Pertumbuhan UMKM, Kredit Usaha Mesti Dipermudah

Dorong Pertumbuhan UMKM, Kredit Usaha Mesti Dipermudah

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 09 Sep 2020 12:40 WIB
Sebagai upaya mendorong pertumbuhan bisnis pelaku UMKM, Telkomsel bersama Bank Mandiri dan LinkAja sepakat berkolaborasi dalam mengembangkan sektor UMKM di seluruh wilayah di Indonesia.
Foto: Telkomsel
Jakarta -

Sebagai upaya mendorong pertumbuhan bisnis pelaku UMKM, Telkomsel bersama Bank Mandiri dan LinkAja sepakat berkolaborasi dalam mengembangkan sektor UMKM di seluruh wilayah di Indonesia.

Kolaborasi ini berupa menghadirkan kemudahan kredit usaha bagi UMKM yang mana saat mereka terdampak akibat diterjang pandemi COVID-19.

"Telkomsel memahami bahwa pandemi COVID-19 turut berdampak bagi sektor UMKM di Indonesia. Maka dari itu, Telkomsel menyambut baik kolaborasi bersama Bank Mandiri dan LinkAja untuk bersama-sama berkontribusi dan memudahkan para pelaku UMKM dalam melanjutkan aktivitas ekonomi di tengah situasi yang penuh tantangan saat ini," ujar Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro dalam siaran persnya, Rabu (9/9/2020).

Telkomsel, Bank Mandiri, dan LinkAja merancang program Kerja sama Pemberian Fasilitas Kredit Segmen Mikro kepada UMKM Mitra Telkomsel untuk membantu para pelaku UMKM dalam mengelola keuangan secara lebih baik, sehingga mereka mampu mengembangkan usahanya lebih jauh lagi.

Inisiatif tersebut akan memberikan kredit usaha mikro kepada Telkomsel Reseller Agent, sebagai bagian dari segmen UMKM, yang dapat dimanfaatkan sebagai modal kerja untuk membeli stok pulsa dan paket data Telkomsel. Bantuan akan diberikan oleh Bank Mandiri dalam bentuk saldo LinkAja.

Para agen bisa mendapatkan bantuan pinjaman tersebut melalui aplikasi DigiPos, platform yang memungkinkan para agen untuk membeli produk-produk Telkomsel di mana saja dan kapan saja dengan mudah.

Sebagai upaya mendorong pertumbuhan bisnis pelaku UMKM, Telkomsel bersama Bank Mandiri dan LinkAja sepakat berkolaborasi dalam mengembangkan sektor UMKM di seluruh wilayah di Indonesia.Dorong bisnis UMKM, Telkomsel bersama Bank Mandiri dan LinkAja berkolaborasi mengembangkan UMKM di seluruh Indonesia. Foto: Telkomsel

Inisiatif ini memberikan kemudahan bagi Telkomsel Reseller Agent yang ingin mengajukan penerimaan bantuan modal usaha. Para agen cukup menyertakan kelengkapan administrasi seperti identitas Kartu Tanda Pengenal (KTP) sebagai persyaratan dokumen yang dibutuhkan.

"Kami harap, upaya kolaboratif ini dapat berjalan dalam jangka panjang, sehingga manfaat yang dirasakan dapat menjangkau para agen Telkomsel secara luas. Kami pun mengajak para pemangku kepentingan lainnya untuk bersama-sama bergotong-royong memberikan kontribusi dalam menjaga sektor UMKM agar tetap produktif di tengah situasi penuh tantangan ini," tutur Setyanto.

Salah satu dukungan Telkomsel bagi UMKM juga diwujudkan dengan menghadirkan platform 99% Usahaku, sebuah one-stop digital solution platform yang bertujuan untuk merangkul UMKM dan mendorong digitalisasi dalam bisnisnya agar dapat lebih efisien, maju, dan berkembang dengan menyediakan berbagai solusi digital yang mencakup konten pembelajaran digital, forum, hingga akses ke marketplace untuk memperluas cakupan pasar UMKM.

Pertama kali diluncurkan pada September 2019 yang lalu, 99% Usahaku berkembang menjadi marketplace yang memanfaatkan ekosistem supplier, retailer, hingga end-customer, di mana para UMKM dapat melakukan pengadaan barang, mendapatkan layanan pinjaman, serta meningkatkan penjualan.

Pelaku UMKM bisa bergabung dalam platform 99% Usahaku melalui website 99usahaku.com atau dengan mengunduh aplikasi digitalnya melalui Google Play.



Simak Video "Tips Cegah Kejahatan 'Phising' Bagi UMKM di Masa Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)