Akhirnya! Sinyal 4G Selimuti Morotai

Akhirnya! Sinyal 4G Selimuti Morotai

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 30 Jul 2020 12:20 WIB
Morotai 4G
Menjajal 4G di Morotai. Foto: Agus Tri Haryanto/inet
Morotai -

Upaya pemerataan akses internet terus dilakukan pemerintah bersama operator seluler, termasuk di Pulau Morotai yang berada di wilayah terdepan bagian utara Indonesia. Sinyal 4G pun mulai menyelimuti Morotai.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan bahwa pemerintah secara sungguh-sungguh menyelesaikan infrastruktur nasional, termasuk di bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK).

"Hasil pengamatan saya melalui evaluasi menyeluruh, pembangunan yang sudah luar biasa dilakukan selama ini itu perlu ditindaklanjuti. Sudah hebat, sudah luar biasa, tapi perlu diteruskan karena masih ada beberapa ribu desa belum tersedia sinyal sinyal 4G," tutur Johnny dalam konferensi virtual bersama pemangku kebijakan dan warga Morotai di Desa Nakamura, Morotai, Maluku Utara, Rabu (29/7/2020).

Sejatinya, Menkominfo memang dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Morotai, setealah sebelumnya menyambangi lokasi pembangunan Pusat Data Nasional di Bitung, Sulawesi Utara. Akan tetapi niatan tersebut tidak terlaksana, karena Johnny dipanggil untuk mengikuti Rapat Kabinet dengan Presiden RI Joko Widodo.

Adapun situasi pandemi COVID-19 yang saat ini melanda, Johnny menyebutkan hal itu mengharuskan untuk dilakukan transformasi digital, termasuk di daerah-daerah Indonesia yang belum terjangkau akses internet.

Morotai 4GMorotai 4G Foto: Agus Tri Haryanto/inet

"Dari data yang saya peroleh, Provinsi Maluku Utara itu ada 347 BTS yang mau dibangun atau harus disediakan, masih kekurangan 17 BTS di Morotai. Saya kira 17 BTS itu bagian dari 12.548 desa/kelurahan di Indonesia yang harus kita bangun infrastruktur TIK-nya, baik itu melalui fiber optik, microwave, BTS, termasuk akses internetnya," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Morotai Benny Laos memaparkan, ada 59 BTS 4G di wilayahnya, di mana itu merupakan peningkatan yang sebelumnya hanya memancarkan jaringan 2G.

Sedangkan 17 BTS 4G yang diajukan Pemerintah Kabupaten Morotai, diharapkan dapat menyusul dari 59 BTS 4G yang sudah didirikan sebelumnya pada akhir tahun ini.

Dalam menghadirkan sinyal 4G di Morotai, Kementerian Kominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) berkolaborasi dengan Telkomsel telah mengoperasikan tiga unit BTS Merah Putih dan 29 unit BTS USO yang semuanya telah terkoneksi jaringan broadband 4G LTE.

Sementara bila dilihat secara total di Provinsi Maluku Utara, Telkomsel telah menggelar 75 BTS USO berteknologi 4G LTE. Adapun pengembangan keseluruhan infrastruktur ini juga melengkapi lebih dari 20.000 BTS Telkomsel lainnya yang difokuskan untuk beroperasi melayani kebutuhan akses telekomunikasi masyarakat di wilayah 3T hingga perbatasan negara.



Simak Video "Xiaomi Siap Pensiunkan Ponsel 4G Akhir Tahun 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)