Jaringan Telekomunikasi di Luwu Utara Pulih Pascabanjir Bandang

Jaringan Telekomunikasi di Luwu Utara Pulih Pascabanjir Bandang

Muhammad Nur Abdurrahman - detikInet
Sabtu, 18 Jul 2020 22:45 WIB
Kebutuhan sinyal di daerah perbatasan menjadi akses telekomunikasi yang sangat penting bagi masyarakat. Tahu nggak, untuk merawatnya pun tak main-main, harus bertaruh nyawa.
Telkomsel telah berhasil melakukan pemulihan jaringan dan layanannya pasca bencana banjir bandang di Masamba. Foto: Rachman Haryanto
Masamba -

Telkomsel telah berhasil melakukan pemulihan jaringan dan layanannya pascabencana banjir bandang di Masamba, Luwu Utara. Sebelumnya, peristiwa banjir bandang menyebabkan gangguan jaringan telekomunikasi di sekitar Luwu Utara akibat jaringan listrik dan fiber optik terputus.

General Manager Network Operation & Quality Management Telkomsel Regional Sulawesi, Muhammad Idham Kadir mengatakan, Layanan Telkomsel telah dapat dinikmati dengan normal baik untuk panggilan suara, sms dan internet.

"Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan bekerja keras dalam pemulihan jaringan Telkomsel di Masamba, 69 Site Telkomsel yang telah di dukung teknologi 4G dan tersebar di 9 Kecamatan di Luwu Utara, kini pulih seratus persen," ujar Idham dalam keterangannya pada Detikcom, Sabtu (18/7/2020).

Idham menjelaskan timnya terus melakukan monitoring terhadap site yang ada di Luwu Utara, dengan menyediakan genset untuk catuan daya dan personil teknis di setiap site, pasca banjir bandang yang terjadi pada Senin malam lalu (13/7).

"Jaringan Telkomsel saat ini kembali melalui akses fiber optik namun kami juga mem-back up dengan teknologi IP Radio sehingga layanan kami dapat terus hadir untuk pelanggan," tambah Idham.

Sebelumnya diberitakan, jumlah korban jiwa akibat banjir bandang di Luwu Utara masih terus bertambah. Hingga Jumat (18/7), Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani melaporkan 36 orang meninggal dunia dan 68 dilaporkan masih hilang.

"Sampai hari ini ada 36 orang meninggal dunia, 68 yang dilaporkan hilang, dan 3.946 korban mengungsi, dan 14 ribu jiwa lebih terdampak yang tersebar di enam kecamatan," ujar Indah dalam laporannya di hadapan Menteri Sosial Juliari Batubara dan Kepala BNPB Doni Monardo di Masamba, Jumat (17/7).



Simak Video "Dirut Telkomsel: 2 Karyawan Meninggal, 8 Lainnya Positif COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(mna/afr)