Banjir Bandang Terjang Luwu Utara, XL Pastikan Jaringannya Masih On

Banjir Bandang Terjang Luwu Utara, XL Pastikan Jaringannya Masih On

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 16 Jul 2020 11:10 WIB
XL Axiata memastikan bahwa saat ini jaringan telekomunikasi miliknya di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, tidak ada masalah, meski daerah tersebut dilanda banjir bandang yang terjadi pada Senin malam (13/7).
Banjir Bandang Terjang Luwu Utara, XL Pastikan Jaringannya Masih On (Foto: XL Axiata)
Masamba -

XL Axiata memastikan bahwa saat ini jaringan telekomunikasi miliknya di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, tidak ada masalah, meski daerah tersebut dilanda banjir bandang yang terjadi pada Senin malam (13/7).

Memang tak sedikit saranan umum di Luwu Utara menjadi rusat, termasuk infrastruktur telekomunikasi. Meski demikian, banjir bandang tersebut tidak berdampak secara signifikan terhadap infrastruktur jaringan XL Axiata di sekitar lokasi. Secara umum, layanan operator seluler ini tetap beroperasi dan melayani kebutuhan pelanggan.

Group Head XL Axiata Region East, Bambang Parikesit mengatakan, di beberapa titik, banjir bandang di Luwu Utara telah menyebabkan BTS XL tidak bisa beroperasi karena adanya pemadaman aliran listrik. Disampaikan, sangat berisiko jika listrik tetap dialirkan untuk menghidupkan BTS, sementara di lokasi masih ada banjir.

"Kami telah mengantisipasinya dengan menyalakan genset untuk beberapa titik BTS yang memang masih memungkinkan dijangkau dan perangkat tidak terendam air. Sementara itu di lokasi yang tidak bisa dijangkau karena bencana banjir bandang, kami masih menunggu perkembangan kondisi lebih lanjut," ujarnya dalam siaran pers yang diterima detikINET, Kamis (16/7/2020).

Bambang menyebut ada sekitar 28 BTS XL Axiata yang terdapat di Kabupaten Luwu Utara, termasuk di sekitar lokasi bencana. Untuk memastikan keamanan jaringan, saat ini tim teknis XL Axiata juga telah berada di lapangan guna mengecek semua infrastruktur jaringan yang ada di sana.

XL Axiata memastikan bahwa saat ini jaringan telekomunikasi miliknya di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, tidak ada masalah, meski daerah tersebut dilanda banjir bandang yang terjadi pada Senin malam (13/7).XL Axiata memastikan bahwa saat ini jaringan telekomunikasi miliknya di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, tidak ada masalah, meski daerah tersebut dilanda banjir bandang yang terjadi pada Senin malam (13/7). Foto: XL Axiata

Selain itu, tim dari pusat monitoring telah melakukan rekayasa jaringan agar layanan untuk pelanggan tetap bisa terjaga. Mengingat di saat bencana seperti ini, layanan telekomunikasi dan data sangat dibutuhkan, baik oleh warga korban, juga aparat penanggulangan bencana.

Disampaikan Bambang, tim XL Axiata akan terus bersiaga mengantisipasi situasi yang terjadi. Sejumlah persiapan juga dilakukan untuk menghadapi apapun kondisi yang akan datang.

Tak hanya mengamankan jaringannya tetap oke ketika banjir bandang menerjang, XL Axiata juga menyalurkan bantuan yang bersifat darurat untuk warga yang terdampak bencana, antara lain berupa bahan makanan, obat-obatan, dan selimut. Adapun, lokasi penyaluran di beberapa lokasi pengungsian yang terdampak paling serius.

Akibat banjir bandang yang menerjang Kota Masamba, Kabupaten Luwu Utara dan sekitarnya, tercatat hingga sore ini, total 16 orang dilaporkan meninggal sementara 23 lainnya masih hilang.

"Update data operasi SAR banjir bandang di Luwu Utara hari ini, data terbaru yang meninggal 16 orang, yang selamat 10, ini yang mengalami luka. Sementara yang diduga hilang itu 23 orang," ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Makassar, Mustari di Masamba.



Simak Video "XL Axiata Getol Bangun Jaringan di Daerah Pelosok"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)