Komparasi Paket Internet Tiap Operator untuk Belajar Online

Gadget Untuk Sekolah

Komparasi Paket Internet Tiap Operator untuk Belajar Online

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 14 Jul 2020 08:17 WIB
ilustrasi smartphone
Komparasi Paket Internet Tiap Operator untuk Belajar Online (Foto: Unsplash)
Jakarta -

Paket internet dari operator seluler jadi pilihan banyak orang yang tak memasang sambungan internet kabel di rumah. Terutama karena minggu ini anak sekolah di Indonesia sudah memulai tahun ajaran baru, yang kegiatan belajar mengajarnya mayoritas dilakukan secara jarak jauh alias online.

Kali ini kami akan membandingkan paket data internet dari setiap operator seluler di Indonesia, dari segi harga dan kuota yang diberikan. Kualitas kecepatan internetnya tentu tak bisa dibahas di sini karena tergantung dari kondisi jaringan di daerah pengguna.

Kami juga hanya membandingkan kuota data untuk paket bulanan yang paling umum dan sebisa mungkin tak mempunyai kuota-kuota khusus untuk aplikasi dan layanan tertentu. Tarifnya pun dibatasi di angka Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu atau yang paling mendekati. Pasalnya setiap operator mempunyai tarif yang bermacam dan terbilang rumit untuk diperbandingkan.

Oh ya, tarif ini didapat dari situs resmi tiap operator dan lokasi diatur di Jakarta Selatan, karena operator biasanya menerapkan tarif yang berbeda untuk setiap daerah. Berikut komparasinya.

Indosat

Indosat punya paket internet bernama Freedom Internet yang tarifnya adalah Rp 100 ribu. Masa berlakunya 30 hari dan kuota yang diberikan adalah 25GB. Sementara untuk paket Rp 50 ribu, kuota yang didapat adalah 10GB dengan masa berlaku 30 hari.

Dalam deskripsi di situsnya, Freedom Internet adalah paket internet baru yang diklaim transparan karena kuota yang diberikan 100% bisa dipakai untuk semua hal yang ada di internet.

Smartfren

Untuk layanan prabayar, Smartfren menawarkan kuota sebesar 60GB untuk paket seharga Rp 100 ribu. Hanya saja kuota 60GB ini terbagi menjadi dua, yaitu 20GB berlaku untuk 24 jam dan 40GB yang berlaku untuk malam hari.

Untuk paket seharga Rp 60 ribu, kuota yang didapat adalah 10GB untuk kuota 24 jam dan 20GB untuk kuota malam. Smartfren juga mempunyai paket unlimited seharga Rp 100 ribu yang berlaku selama 28 hari dengan batas pemakaian wajar 1,5GB per hari.

Telkomsel

Untuk Telkomsel, kami mengambil contoh paket data dari kartu prabayar Simpati. Pada paket seharga Rp 102 ribu, Telkomsel memberikan kuota data internet sebesar 12GB yang berlaku selama 30 hari. Ada juga kuota khusus OMG sebesar 2GB yang bisa dipakai untuk sejumlah layanan seperti YouTube, Facebook, Instagram, MAXstream, HOOQ, Viu, iFlix, Klik Film, Bein Sport, dan Nickelodeon Play.

Sementara untuk paket seharga Rp 63 ribu, kuota yang didapat adalah 5GB untuk internet dan OMG sebesar 2GB, dengan masa berlaku 30 hari.

Tri Indonesia

Salah satu layanan internet milik Tri Indonesia adalah Always On, dan pada paket seharga Rp 110 ribu, Tri menawarkan kuota 16GB, dan ada juga akses internet unlimited yang berlaku dari jam 1 pagi sampai 5 sore, dengan batas penggunaan wajar sebesar 1,5GB per hari.

Untuk paket seharga Rp 48 ribu, kuota yang didapatkan adalah 8GB namun tanpa tambahan kuota unlimited seperti di paket yang disebut di atas.

XL Axiata

XL punya bermacam paket internet untuk penggunanya, salah satunya Xtra Combo Baru. Untuk paket seharga Rp 89 ribu, penggunanya mendapat kuota sebesar 10GB untuk penggunaan 24 jam di semua jaringan, kuota YouTube sebesar 10GB berlaku 24 jam, dan YouTube tanpa kuota pada pukul 1 pagi sampai 6 pagi.

Sementara untuk paket seharga Rp 59 ribu, kuota data utamanya adalah 5GB, kuota YouTube 5GB, dan juga kuota YouTube unlimited yang sama dengan skema di paket Rp 89 ribu.



Simak Video "Dirut Telkomsel: 2 Karyawan Meninggal, 8 Lainnya Positif COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)