Perkuat Bisnis Digital, TelkomGroup Hadirkan HyperScale Data Center

Perkuat Bisnis Digital, TelkomGroup Hadirkan HyperScale Data Center

Inkana Putri - detikInet
Kamis, 09 Jul 2020 20:42 WIB
HyperScale Data Center TelkomGroup
TelkomGroup Hadirkan HyperScale Data Center (Foto: Telkom)
Jakarta -

Dalam rangka mengakselerasi bisnis digital platform sebagai enabler berbagai layanan dan solusi ICT, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) membangun data center skala besar berstandar global dengan sertifikasi tier 3 dan 4, Telkom HyperScale Data Center (HDC).

Dengan kategori tier tersebut maka data center ini memiliki spesifikasi, fasilitas, dan service level terbaik dengan 99,995% uptime dan fully redundant infrastructure.

Dengan demikian diharapkan memantapkan langkah Telkom menjadi digital telco dengan memperkuat fondasi bisnis digital di masa depan, khususnya untuk domain digital platform

Berlokasi di Bekasi, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah didampingi Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko meletakkan batu pertama (groundbreaking).

Tempat ini menjadi salah satu data center berkapasitas terbesar di Indonesia dengan konsep ECO (Evolve, Connected, & Origin) - green data center dan menggunakan anyaman sebagai material desain gedung.

Herlan mengatakan pihaknya ingin terus tumbuh melalui inovasi dan eksplorasi yang mengedepankan peningkatan efektivitas dan efisiensi demi menciptakan pengalaman digital terbaik pelanggan tanpa meninggalkan sentuhan ciri khas budaya Indonesia di dalamnya.

Lebih lanjut, dia menyebut Telkom HyperScale Data Center memiliki banyak kelebihan, khususnya dalam hal connectivity dan coverage terluas di seluruh Indonesia, terhubung dengan access network TelkomGroup baik domestik maupun mancanegara, world class facilities, carrier neutral, dan multi services untuk network provider lain. Data center ini akan didesain dengan sertifikasi berstandar internasional Uptime Tier IV.

"Dengan kelebihan yang dimiliki, kehadiran Telkom HyperScale Data Center ini ditujukan untuk mega player, global player, dan korporasi dari berbagai sektor seperti finance & banking, government, private sector, manufacturing, content provider, global cloud provider," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (9/7/2020).

Sebelumnya Telkom telah memiliki 22 data center yang terdiri dari 5 data center internasional, 14 Neu Centrix serta 3 data center tier 3 dan 4. Dengan kehadiran Telkom HyperScale Data Center, TelkomGroup ingin mengukuhkan dan mempertahankan posisinya sebagai market leader bisnis data center.

Dengan adanya dukungan data center yang tersebar di banyak lokasi dan terhubung dengan jaringan broadband, Telkom siap dan mampu untuk mengakomodasi kebutuhan mendatang, seperti edge computing, 5G services, blockchain dan kebutuhan masa depan lainnya.

Ririek mengungkapkan Telkom Hyperscale Data Center merupakan wujud komitmen Telkom menjadi digital telecommunication company, melalui akselerasi terhadap bisnis digital platform, salah satunya data center.

"HyperScale Data Center membuktikan keseriusan Telkom untuk menjadi biggest player di pasar digital platform. Dengan kemampuan untuk menyediakan fasilitas high density capacity, data center ini tidak hanya dapat digunakan oleh korporasi dan pelaku industri di Indonesia tapi juga untuk pemain besar content player kelas dunia," jelas Ririek.

Telkom HyperScale Data Center dibangun di lahan seluas 65.000 m2 dan total kapasitas hingga 10.000 rack serta kapasitas total daya listrik sekitar 75 MW dengan pembangunan yang dilaksanakan bertahap. Tahap pertama akan dibangun satu gedung data center, power house, dan gedung kantor yang diperkirakan selesai pada Q2 2021.

Dengan konsep green data center, Telkom HyperScale Data Center ingin menekan penggunaan emisi gas karbondioksida dengan merencanakan pembangunan pembangkit listrik tenaga gas serta penggunaan solar panel untuk area umum dan kantor di sekitar lokasi area.

TelkomGroup menjadi yang pertama dalam mendapatkan sertifikasi bertaraf internasional seperti Uptime sertifikasi tier 3 dan tier 4 sejak tahun 2015 dan sertifikasi Uptime TCOS untuk Uptime sertifikasi operasional satu-satunya di Indonesia di Desember 2017.

"Dengan teknologi terdepan, inovasi terbaik dari sinergi TelkomGroup yang ada di dalam Telkom HyperScale Data Center ini, kami optimis ke depan Telkom dapat menjadi pemain besar untuk bisnis data center dan semakin memperkuat domain digital platform seperti yang dicanangkan perusahaan," tutup Ririek.



Simak Video "Keyakinan Komitmen Telkom untuk Berinovasi"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)