Kena Pajak, Tarif Netflix Bakal Naik?

Kena Pajak, Tarif Netflix Bakal Naik?

Tim - detikInet
Rabu, 08 Jul 2020 19:02 WIB
Tak lama setelah Netflix resmi masuk Indonesia, Telkom memblokir layanan video on demand tersebut dari bermacam jaringan internet miliknya.
Netflix. Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Tarif beberapa perusahaan digital termasuk Netflix diperkirakan bakal naik di Indonesia karena terkena pajak pertambahan nilai (PPN). Berapa kira-kira nanti kenaikannya?

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah resmi menunjuk enam perusahaan internasional berbasis digital sebagai pemungut, pelapor, dan penyetor pajak pertambahan nilai (PPN) terhadap barang dan jasa digital yang dijual di Indonesia.

Keenam pelaku usaha yang telah menerima surat keterangan terdaftar dan nomor identitas perpajakan adalah Amazon Web Services Inc, Google Asia Pacific Pte. Ltd, Google Ireland Ltd, Google LLC, Netflix International B.V., dan Spotify AB.

Dengan penunjukan ini maka produk dan layanan digital yang dijual oleh keenam pelaku usaha tersebut akan dipungut PPN mulai 1 Agustus 2020. Jadi tidak menutup kemungkinan tarif Netflix yang baru dibuka blokirnya oleh Telkom ini akan naik di tanggal tersebut.

Besaran PPN yang harus dibayar adalah 10% dari harga sebelum pajak, dan harus dicantumkan pada resi atau kuitansi yang diterbitkan penjual sebagai bukti pungut PPN.

Artinya, tarif Netflix yang diberlakukan sekarang kemungkinan akan bertambah 10%. Ambil contoh tarif termurah Netflix yakni untuk perangkat mobile, yakni Rp 49 ribu. Maka bisa jadi ada kenaikan sekitar Rp 4.900 menjadi Rp 53.900.

Kemudian tarif basic sekarang dipatok Rp 109 ribu, dengan kenaikan Rp 10,9 ribu bisa menjadi Rp 119,9 ribu. Perhitungan yang sama bisa diterapkan untuk tarif lain yaitu standar senilai Rp 139 ribu dan premium Rp 169 ribu.

Sejauh ini, belum ada keterangan dari pihak Netflix apakah akan diberlakukan penyesuaian tarif menyusul penerapan pajak PPN pada mereka.



Simak Video "Pajak Digital Diberlakukan, Ini Tarif Baru Netflix"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)