VoLTE Telkomsel Diklaim Lebih Jernih dari Voice Call WhatsApp

VoLTE Telkomsel Diklaim Lebih Jernih dari Voice Call WhatsApp

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 19 Jun 2020 20:34 WIB
Telkomsel menghadirkan layanan Voice over Long Term Evolution (VoLTE) yang memungkinkan pelanggan menikmati telepon berbasis 4G LTE dengan jaminan tidak akan putus.
VoLTE Telkomsel Diklaim Lebih Jernih dari Voice Call WhatsApp (Foto: Telkomsel)
Jakarta -

Menuju implementasi 5G, Telkomsel mulai menyediakan layanan voice over LTE atau VoLTE. Layanan panggilan suara ini diklaim lebih jernih kualitasnya ketimbang panggilan WhatsApp.

Vice President Prepaid Consumer Telkomsel Adhi Putranto menjelaskan VoLTE merupakan layanan telepon dengan basis jaringan 4G LTE. Ada banyak unggulan yang ditawarkannya.

Pertama, pelanggan dapat menggunakan internet tanpa terputus saat melakukan panggilan telepon bersamaan. "Sebelumnya kalau ada telepon masuk, jaringan akan turun ke 3G atau 2G," jelas Adhi.

Layanan VoLTE menawarkan suara yang lebih jernih ketimbang 3G dan kualitasnya high definition (HD). Karenanya Telkomsel berani mengklaim suaranya lebih baik dari WhatsApp.

"Karena menggunakan jaringan operator jadi kualitas VoLTE lebih digaransi dibanding WhatsApp. Sementara layanan voice OTT seperti WhatsApp di jaringan operator itu istilahnya dibuat best effort. Jadi kualitas VoLTE jauh lebih bagus," papar Adhi.

Keunggulan lain VoLTE memungkinkan panggilan lebih cepat tersambung. Selain itu bisa digunakan untuk video call.

Telkomsel menghadirkan layanan Voice over Long Term Evolution (VoLTE) yang memungkinkan pelanggan menikmati telepon berbasis 4G LTE dengan jaminan tidak akan putus.Telkomsel menghadirkan layanan Voice over Long Term Evolution (VoLTE). Foto: Telkomsel

"Tidak kalah penting ketika berada di jaringan VoLTE, pelanggan tidak perlu pindah ganti jaringan. Sehingga akan menghemat baterai dan tidak panas," terang Adhi.

Untuk menggunakan layanan ini sejatinya cukup mudah. Pertama pastikan telah menggunakan SIM card 4G. Untuk mengeceknya bisa menekan *888*46#.

Lalu pastikan pula berada di area yang menjangkau layanan VoLTE. Saat ini VoLTE Telkomsel menjangkau Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang, Bogor, Surabaya dan Sidoarjo.

Dibutuhkan pula perangkat yang mendukung VoLTE dan telah menjalankan sistem operasi terbaru. Saat ada sejumlah seri ponsel besutan Samsung, Huawei, Xiaomi dan Vivo telah diuji dan dapat digunakan untuk layanan tersebut.

Telkomsel memastikan saat menggunakan layanan ini tarif yang dikenakan sama seperti panggilan telepon bisa. Namun mereka membuat paket TM VoLTE.Terakhir mengaktifkan layanan VoLTE pada smartphone. Ini bisa dilakukan dengan bagian Connection di Settings.

"Kami akan menyediakan paket promo selama Juni bebas nelpon hari Sabtu dan Minggu hanya Rp 10. Untuk lengkapnya di aplikasi MyTelkomsel," pungkas Adhi.



Simak Video "Dirut Telkomsel: 2 Karyawan Meninggal, 8 Lainnya Positif COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)