Aneka Inovasi Layanan Operator Seluler di Masa New Normal

New Normal New Spirit

Aneka Inovasi Layanan Operator Seluler di Masa New Normal

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 14 Jun 2020 15:03 WIB
Portrait of young woman on the street wearing  face protective mask to prevent Coronavirus and anti-smog and using smartphone
Di Masa New Normal, Begini Pelayanan Opsel ke Pelanggan (Foto: Getty Images/filadendron)
Jakarta -

Sejumlah operator seluler telah menyiapkan protokol kesehatan terbaru dalam melayani pelanggan di masa new normal. Aktivitas usaha diimbangi dengan prosedur kesehatan untuk konsumen.

New normal dimaknai para operator seluler untuk berinovasi dalam memberikan layanan. Komunikasi dan kelancaran jaringan wajib dijaga, sambil tetap melakukan upaya untuk mencegah COVID-19.

Dihimpun detikINET, Minggu (14/6/2020) inilah sejumlah langkah yang dilakukan para operator seluler di Indonesia:

Telkomsel

Saat di sisi lain terus memantau perkembangan situasi terkini terkait pandemi COVID-19, Telkomsel tetap berkomitmen untuk senantiasa menyediakan layanan berkualitas guna menjamin kenyamanan berkomunikasi pelanggan.

Beberapa langkah yang diambil Telkomsel, antara lain jaminan layanan, jaminan kesiapan jaringan, jaminan ketersediaan produk, jaminan pusat pelayanan pelanggan, jaminan kesehatan dan keselamatan kerja karyawan (K3) Telkomsel, dan tanggung jawab sosial perusahaan.

Hadapi new normal, Telkomsel menerapkan protokol kesehatan terbaru dalam melayani pelanggan.Hadapi new normal, Telkomsel menerapkan protokol kesehatan terbaru dalam melayani pelanggan. Foto: Telkomsel

Khusus untuk jaminan pusat pelayanan pelanggan, seperti di GraPARI masih tetap berjalan normal sesuai ketentuan jam operasional tiap wilayahnya.

Telkomsel telah menjalankan prosedur standar kesehatan yang dibutuhkan guna memeriksa kondisi kesehatan pelanggan yang berkunjung. Saat akan ke GraPARI, pelanggan tersebut akan diperiksa suhu tubuhnya.

Di samping itu, Telkomsel juga menyediakan hand sanitizer, sabun cair, dan masker bagi pelanggan yang membutuhkan. Sedangkan untuk layanan secara virtual, bisa dilakukan lewat call center 188, layanan virtual assistant di MyTelkomsel, website, akun media sosial, hingga email.

XL Axiata

Sesuai dengan ketentuan yang disampaikan Pemerintah, pelaku usaha di sektor komunikasi dan teknologi informasi adalah salah satu sektor yang diperbolehkan beroperasi.

Group Head Corporate Communication XL Axiara Tri Wahyuningsih mengatakan bahwa saat ini XL Center tetap operasi. Akan tetapi ada pengurangan jam layanan dan pembatasan jenis layanan, namun tetap menerapkan protokol pencegahan COVID-19.

"Seperti pembatasan jumlah pelanggan yang masuk XL Center, pengukuran suhu tubuh, penyediaan tempat cuci tangan di depan XL Center, serta wajib masker bagi karyawan dan pelanggan yang memasuki XL Center," ujarnya beberapa waktu lalu.

Hadapi new normal, XL Axiata menerapkan protokol kesehatan terbaru dalam melayani pelanggan.Hadapi new normal, XL Axiata menerapkan protokol kesehatan terbaru dalam melayani pelanggan. Foto: XL Axiata

Indosat Ooredoo

Sama seperti Telkomsel dan XL Axiata, Indosat Ooredoo pun masih membuka beberapa gerai mereka untuk melayani pelanggan secara tatap muka.

Dalam melayani pelanggan tersebut, operator yang identik warna kuning merah ini menerapkan protokol physical distancing secara ketat untuk mendukung pemutusan mata rantai penyebaran COVID-19, baik untuk petugas maupun pelanggan yang datang.

"Kami memberlakukan pembatasan dan pengaturan jumlah orang yg berada di dalam ruangan, melakukan pengecekan suhu tubuh, mewajibkan pelanggan yg datang untuk menggunakan masker, menyediakan hand sanitizer," ungkap SVP-Head of Corporate Communications Turina Farouk beberapa waktu lalu.

Hutchison 3 Indonesia (Tri)

Tri juga menerapkan protokol kesehatan dalam melayani para pelanggannya.

Seperti informasi yang diterima detikINET, di 3Store akan dilakukan penyemprotan disinfektan secara berkala setiap harinya. Para karyawan yang melayani pelanggannya pun diwajibkan mengenakan masker.

Selain itu, Tri juga menyediakan hand sanitizer di 3Store. Sementara, yang ingin masuk ke dalam gerai, akan diperiksa suhu tubuhnya menggunakan thermogun, baik itu karyawan atau pelanggan.



Simak Video "Menkominfo: Operator Seluler Jadi Garda Depan Pencegahan Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)