Akibat Hoax Jaringan 5G Sebarkan Corona, 77 BTS Dibakar

Akibat Hoax Jaringan 5G Sebarkan Corona, 77 BTS Dibakar

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 09 Mei 2020 02:44 WIB
Menara BTS dan Antena TV. 
dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi BTS. (Foto: Dikhy Sasra/detikcom)
London -

Ternyata cukup banyak orang termakan hoax bahwa jaringan 5G dapat menyebarkan virus corona COVID-19. Bahkan di Inggris, total 77 BTS rusak karena dibakar sejak serangan yang berlangsung awal April.

"Saat ini serangan per hari memang sudah sangat rendah akan tetapi juga belum sepenuhnya berhenti," kata juru bicara Mobile UK yang mengumpulkan data tersebut.

Bahkan tak hanya menyasar BTS, pegawai perusahaan telekomunikasi pun terkena getahnya. Ada sekitar 40 pegawai di sebuah operator Inggris diserang secara verbal maupun fisik.

"Salah seorang insiyur ditusuk dan harus dirawat di rumah sakit," kata CEO British Telecom, Philip Jansen yang dikutip detikINET dari CNet.

Tidak hanya di Inggris, laporan BTS dibakar juga muncul di Kanada dan Belanda. Tidak semua BTS itu sudah memancarkan 5G karena memang jaringan generasi baru itu belum diluncurkan secara luas.

Hoax 5G menyebarkan COVID-19 ini banyak bermunculan di media sosial seperti YouTube, Facebook dan Twitter. Padahal klaim ini sudah terbukti salah karena gelombang radio tidak bisa menciptakan virus.

National Medical Director NHS Stephen Powis belum lama ini mengatakan konspirasi dan hoax tentang 5G tidak memiliki landasan ilmiah dan justru mengancam upaya tenaga kesehatan untuk menangani pandemi ini.

"Cerita 5G ini merupakan omong kosong, jenis berita palsu yang paling buruk. Kenyataannya adalah jaringan mobile ini sangat penting bagi kita semua," kata Powis.

"Ini adalah jaringan mobile yang digunakan oleh layanan gawat darurat dan tenaga medis dan saya sangat marah, sangat kesal karena orang-orang menyerang infrastruktur yang kita butuhkan untuk merespon terhadap emergency kesehatan ini," sambungnya.

Mike Tyson akan bertinju lagi, serius?


Simak Video "BTS akan Bawakan 'Dynamite' di MTV VMA 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)