Operator Harus Pertahankan Layanan Internet Saat Pandemi Corona

Operator Harus Pertahankan Layanan Internet Saat Pandemi Corona

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 21 Apr 2020 18:50 WIB
Wifi
Menkominfo minta operator jaga layanan kualitas internet. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Saat wabah Corona berlangsung internet menjadi salah satu komoditas penting. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate pun meminta operator menjaga kualitas layanannya terutama dalam hal kecepatan dan stabilitas koneksi.

Dalam diskusi Industry Roundtable MarkPlus, Menkominfo mengatakan pandemi Corona memberikan hantaman besar terhadap berbagai sektor baik dari kesehatan sampai ke aspek pergeseran interaksi manusia. Jika sebelumnya banyak dilakukan interaksi fisik, semenjak diterapkan PSBB dan anjuran social distancing, manusia banyak yang beralih ke digital.

"Bagi Indonesia sendiri, perlu kita syukuri karena pemerintah dan operator sudah besar-besaran dan masyarakat juga mengimbangi juga. Penetrasi internet sudah mencapai 172 juta dari 270 juta penduduk. Yang diharapkan operator kita dapat mempertahankan layanan akses internet dengan kapasitas baik. Saat demand kita bergeser, maka internet menjadi penting," ucapnya.


Menkominfo mengatakan, selama pandemi, perlu juga dilakukan pemenuhan ekspektasi masyarakat karena adanya peningkatan trafik yang cukup signifikan. Tak hanya itu, masyarakat juga mau tak mau dipaksa untuk melek terhadap internet.

"Ada konfigurasi di situasi ruang fisik yang menggunakan WiFi biasanya di gedung, kantor, kampus-kampus sekarang bergeser ke pemukiman, ke perumahan-perumahan orang tinggal. Infrastruktur harus berjalan, agar semangat optimisme masyarakat yang bergeser ke digital tidak terkendala dengan layanan internet yang kurang," tutupnya.



Simak Video "Divonis Bersalah oleh PTUN, Ini Respons Menkominfo"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)