Terbukti Aman, CloudX Telkomsel Pesaing Zoom Dipakai Ratas Jokowi

Terbukti Aman, CloudX Telkomsel Pesaing Zoom Dipakai Ratas Jokowi

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 21 Apr 2020 12:57 WIB
Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro
Layanan virtual conference CloudX yang dipakai di ratas Jokowi. (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Telkomsel memiliki CloudX, layanan virtual conference pesaing Zoom. Bahkan belum lama ini layanan CloudX dipakai Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas (ratas) pemerintahan.

Hal itu disampaikan langsung oleh Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro dalam paparannya lewat virtual conference di CloudX, Selasa (21/4/2020).

"Sejak work from home itu kan di televisi sering muncul para menteri kabinet menggelar virtual conference. Sebelumnya, virtual conference menggunakan berbagai macam produk," ujarnya.

"Kemudian, setelah beberapa kali melakukan, Pak Jokowi ingin agar menggunakan produk dalam negeri dan yang lebih aman, sehingga alhamdulillah ratas hari Senin kemarin menggunakan CloudX," tutur Setyanto.

Bos Telkomsel ini juga mengungkapkan pada ratas tersebut diikuti 48 peserta, termasuk host-nya di Sekretariat Kabinet (Setkab).

"Diikuti 48 peserta, termasuk host di Setkab itu lancar tanpa hambatan sama sekali dan terbukti lebih aman, lebih baik dibandingkan produk-produk lain," ungkap Setyanto.

Sejak pertengahan Maret lalu, Telkomsel mengenalkan CloudX. Namun sayangnya untuk sekarang, layanan tersebut baru tersedia untuk pelanggan korporasi. Akan tetapi, Telkomsel tak menutup kemungkinan CloudX diperluas lagi segmen penggunanya.

"Seiring adanya minat yang cukup tinggi juga dari segmen pelanggan non korporasi, dalam waktu dekat ini Telkomsel berencana menghadirkan paket CloudX untuk penggunaan di segmen pelanggan umum atau non korporasi," kata VP Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin dalam keterangan tertulisnya kepada detikINET, Senin (13/4).



Simak Video "Menkominfo: Operator Seluler Jadi Garda Depan Pencegahan Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)