Anomali Roket Jadi Sebab Kegagalan Satelit Nusantara Dua

Anomali Roket Jadi Sebab Kegagalan Satelit Nusantara Dua

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 09 Apr 2020 21:49 WIB
Satelit Palapa Nusantara Dua yang Gagal ke Orbit
Anomali Roket Jadi Sebab Kegagalan Satelit Nusantara Dua (Foto: ChinaScience/Twitter)
Jakarta -

Satelit Nusantara Dua dipastikan gagal mencapai orbit setelah mengalami anomali ketika wahana tersebut meluncur dari Xichang Satellite Launch Center (XLSC), Xichang, China, pada pukul 19.46 waktu setempat.

Informasi tersebut disampaikan PT Palapa Satelit Nusa Sejahtera (PSNS) yang merupakan perusahaan yang dibentuk oleh PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN), Indosat Ooredoo, dan PT Pintar Nusantara Sejahtera.

Dalam keterangan tertulis yang diterima detikINET, Kamis (9/4/2020) dipaparkan bahwa pada proses peluncuran berjalan baik, namun terjadi anomali ketika memasuki tahapan pelepasan roket tingkat tiga.

Sehingga, satelit yang awalnya menyandang nama Palapa Nusantara 1 atau Palapa-N1 itu tidak bisa mencapai orbit yang ditetapkan.

"Nusantara Dua telah dilindungi oleh asuransi yang sepenuhnya memberikan perlindungan atas risiko peluncuran dan operasional satelit," ujar Presiden Direktur PT PSNS Johanes Indri Trijatmodjo.

Nusantara Dua diketahui diproyeksikan mengisi di slot orbit 113 derajat Bujur Timur (BT) yang akan dimanfaatkan Indosat Ooredoo sebagai penyedia jasa satelit untuk menunjang bisnis media broadcasting di Indonesia. Hal itu juga untuk mencapai visinya menjadi perusahaan digital terdepan di Indonesia.



Simak Video "Gagal Orbit, PSN Pastikan Satelit Nusantara Dua Dapat Asuransi Penuh"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)