Lalu Lintas Data Masih Santuy Meski Ada Pandemi Corona

Lalu Lintas Data Masih Santuy Meski Ada Pandemi Corona

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 08 Apr 2020 22:07 WIB
Work from home
Foto: 20Detik
Jakarta -

Lalu lintas data rupanya masih terbilang normal, meski pemerintah telah menganjurkan belajar online dan kerja dari rumah di tengah merebaknya virus corona di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyebutkan lalu lintas data saat ini masih bisa dikendalikan oleh operator seluler. Itu artinya, akses internet sekarang berjalan lancar tanpa hambatan.

Walaupun kebanyakan pelanggan seluler belajar online dan work from home yang bisa memicu pergerakan trafik meningkat drastis, kenyataannya itu masih dibawah bila dibandingkan dengan momen hari-hari besar atau Lebaran.

"Hingga saat ini belum ada kenaikan (lalu lintas data-red) luar biasa. Dari hasil monitoring kami, kenaikan trafik atau lalu lintas data kisaran 5-10%," ujar Menkominfo dalam pemaparannya secara virtual di kantor BNPB, Jakarta, Rabu (8/4/2020).

Kendati begitu, ia memprediksikan trafik data tersebut bakal meroket pada momen Ramadan dan Lebaran. Bahkan, trafik data tersebut bisa melonjak sampai 40%.

"Saat ini juga bekerja sama dengan operator seluler untuk mengantisipasi kenaikan trafik di Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, kemungkinkan naik 30-40%," ungkap Johnny.

Menkominfo juga memastikan bahwa kapasitas bandwidth yang disediakan para operator seluler saat ini masih bisa mencakupi kebutuhan para pelanggan.



Simak Video "Virus Corona Diklaim Dapat Menular Lewat Udara"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)