Telkom Gelar Fiber Optic, Internet di Lombok Akan Lebih Ngebut

Telkom Gelar Fiber Optic, Internet di Lombok Akan Lebih Ngebut

Yudistira Imandiar - detikInet
Sabtu, 07 Mar 2020 15:54 WIB
Telkom
Foto: Dok. Telkom
Jakarta -

PT Telkom Indonesia meresmikan Lombok Modern Broadband Island. Infrastruktur tersebut dioperasikan untuk meningkatkan konektivitas masyarakat dengan akses digital.

Dijelaskan Direktur Network & IT Solutions PT Telkom Indonesia, Zulhefli Abidin, Lombok Modern Broadband Island merupakan infrastruktur telekomunikasi modern berbasis teknologi fiber optic. Dengan adanya sarana tersebut, Telkom dapat menyediakan layanan digital yang lebih berkualitas, salah satu dampaknya kecepatan internet yang lebih baik.

Dalam beberapa tahun terakhir, Telkom secara berkelanjutan membangun infrastruktur berbasis fiber optic, melalui program Modern Broadband City. Program tersebut telah terealisasi di sebanyak 218 Modern Broadband City dan delapan provinsi.

"Pada era digital saat ini, tergelarnya infrastruktur 100% fiber optic tersebut, diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat terhadap layanan broadband berkualitas, sehingga masyarakat dapat menikmati layanan digital yang jauh lebih baik," jelas Zulhefli yang dikutip dari situs resmi Telkom, Sabtu (7/3/2020).

Khusus di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Telkom telah merealisasikan pembangunan 541,16 km fiber optic backbone, 578 BTS Telkomsel, 1.448 access point, serta 81 ribu port fibre untuk pelanggan IndiHome, perusahaan, dan pemerintah.

Telkom dan Pemda setempat turut melakukan digitalisasi terhadap berbagai fasilitas publik di beberapa wilayah NTB. Program kerja sama tersebut dilaksanakan guna meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan terhadap masyarakat setempat.

"Saat ini Telkom telah bekerja sama dengan Pemda dengan menyediakan e-Puskesmas di 77 titik mencakup Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Mataram, Command Center Polda NTB, WiFi di 100 titik, dan SIAP Online. Kami berharap ke depannya semakin banyak lagi kerjasama dan sinergi yang dapat kita bangun baik dengan Pemerintah, BUMN maupun sektor swasta serta enterprise," sebut Zulhelfi.

Dikatakan Sekretaris Daerah Pemprov, H. Lalu Gita Ariyadi, adanya fiber optic ini memberikan efek positif pada aktivitas karyawan pemda untuk meningkatkan perekonomian yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat NTB.

"Adanya modernisasi jaringan dapat mendukung penerapan sistem yang terintegrasi di lingkungan pemerintah daerah mulai dari provinsi hingga kota dan kabupaten. Karyawan Pemda bisa bekerja secara online dari mana saja. Infrastruktur berbasis fiber optic yang disediakan Telkom ini diharapkan dapat membantu Pemda Lombok untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat," ujar Lalu Gita.

(prf/fay)