Seberapa Akurat Informasi Google Assistant di Telepon 969?

Seberapa Akurat Informasi Google Assistant di Telepon 969?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 10 Feb 2020 18:26 WIB
Google Assistant, Indosat Ooredoo
Seberapa Akurat Informasi Google Assistant di Telepon 969? (Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET )
Jakarta -

Layanan Google Assistant kini tak hanya bisa diakses lewat internet, melainkan dapat menggunakan layanan sambungan telepon. Apa bedanya dan seberapa akurat informasi yang disajikan?

Indosat Ooredoo dan Google mengumumkan kolaborasi dengan menghadirkan Google Assistant di jaringannya. Pelanggan Indosat Ooredoo dapat menekan nomor 696 untuk menanyakan informasi yang ingin diketahui dan Google Assistant akan langsung menjawabnya.


Adapun layanan ini tanpa kuota data maupun pelanggan tidak akan dikenakan biaya telepon seperti layanan telepon pada umumnya.

Vice President Head of Mobile Financial Services Indosat Ooredoo Hendry Saputra menjelaskan bahwa informasi yang diberikan tidak ada ubahnya dengan Google Assistant pada umumnya. Titik perbedaan hanya dari media penyalurannya, bila sebelumnya diakses sambil menatap layar, maka kini berbentuk sambungan telepon.

"Pada dasarnya ketika teman-teman menelpon 696 dan berinteraksi dengan layanan ini, di belakangnya adalah engine AI dari Google Assistant. Jadi, pengalamannya akan sama dengan teman-teman Google Assistant lewat smartphone," ujar Hendry di Jakarta, Senin (10/2/2020).

Lebih lanjut lagi, Hendry menegaskan, dengan teknologi yang sama seperti layanan virtual Google Assistant pada umumnya, maka dipastikan informasi yang diberikan akurat.

"Nggak ada bedanya. Selama ini akses Google Assistant lewat smartphone dan pakai kuota data internet, maka sekarang ponsel feature bisa mengakses layanan ini tanpa kuota data, memotong pulsa," kata Hendry menambahkan.

Indosat Ooredoo dan Google sepakat menjalin kerja sama untuk menghadirkan layanan Google Assistant di jaringannya, guna memberikan kemudahan akses informasi masyarakat yang tinggal di daerah pelosok, di mana di sana minim akan akses internet dan ponselnya masih jadul.



Kendati begitu, masyarakat yang sudah punya ponsel pintar atau smartphone juga bisa merasakan layanan phone line. Untuk syarat utama menikmati layanan ini adalah, mereka mesti merupakan pelanggan Indosat Ooredoo.

Seberapa Akurat Informasi Google Assistant di Telepon 969?


Simak Video "Google Akui Orang Indonesia Doyan Ngobrol dengan Asistennya"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)