Sabtu, 18 Jan 2020 21:28 WIB

5 Destinasi Super Prioritas yang Masih Minim Layanan Internet

Agus Tri Haryanto - detikInet
Candi Borobudur. Foto: (Moi Ismiy/d'Traveler)
Jakarta - Pemerintah telah menetapkan lima destinasi super prioritas untuk menggenjot jumlah wisatawan ke Indonesia. Sayangnya, destinasi tersebut masih sepi akan layanan internet.

Sebagai informasi, lima destinasi super prioritas yang dimaksud antara lain Borobudur, Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, da Likupang.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, kalau kementeriannya terus berkoordinasi bersama Kementerian BUMN untuk menyediakan akses internet di lima destinasi super prioritas tersebut.



"Saat ini semua operator (telekomunikasi) yang sudah ada hanya Borobudur, yang lainnya belum," kata Johnny dikutip dari situs Kementerian Kominfo, Jumat (17/1/2020).

Dijelaskan Menkominfo, pembangunan infrastruktur telekomunikasi akan menjadi perhatian Kominfo untuk mendukung prioritas pemerintah dalam meningkatkan kualitas pariwisata di Tanah Air.

Pernyataan Johnny terucap usai mengikuti rapat tentang pengembangan destinasi pariwisata super prioritas di kantor wakil presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Kamis (16/1).

Sebelumnya dalam rapat yang diikuti oleh Tim Koordinasi Kepariwisataan itu, Wakil Presiden (wapres) Ma'ruf Amin menekankan perlunya koordinasi, sinergitas dan kerja sama.



"Perlu koordinasi, sinergi dan kerja sama agar pariwisata berdampak bagi ekonomi kita yang berujung pada kesejahteraan," ucapnya.

Diketahui, rapat itu merupakan pertemuan pertama Wapres selaku Ketua Tim Koordinasi Kepariwisataan. Ia pun menekankan pentingnya melibatkan para pemangku kepentingan dan masyarakat sekitar daerah pariwisata dalam mendukung pengembangan di sektor ini.

"Perlu memberikan pendampingan dan pembinaan masyarakat dan SDM pariwisata dalam memberikan fasilitas, akomodasi, kuliner, cendera mata, produk lokal, meningkatkan hospitality dan pemanfaatan teknologi digital," imbaunya.

Simak Video "Menkominfo Gandeng Paltform Digital Dukung Kegiatan dari Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)