Minggu, 05 Jan 2020 15:25 WIB

Jurus Telkom Agar Tetap On Saat Diterjang Banjir

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Telkom
Jakarta - Demi memastikan layanannya tetap berjalan normal, Telkom Indonesia menyiagakan seluruh perangkat telekomunikasi dan tim operasional. Jurus Telkom ini sebagai menghadapi curah hujan tinggi di awal tahun 2020, di mana berdampak pada musibah banjir di Jabodetabek.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah bersama seluruh direksi mengunjungi lokasi-lokasi yang terdampak banjir, seperti di Bekasi, Cengkareng, Srengseng, dan Tangerang.



"Dalam kunjungan ini, kami fokus untuk meninjau kondisi perangkat jaringan Telkom yang terdampak banjir, rumah pelanggan, karyawan, dan masyarakat serta lokasi yang menjadi posko bantuan Telkom Group," tutur Ririek saat mengunjungi lokasi banjir di Bekasi.

Ririek mengatakan, secara umum jaringan Telkom Group dalam kondisi aman. Sebelumnya, memang sempat ada gangguan layanan IndiHome dan Base Tranceiver Station (BTS) dikarenakan catuan listrik yang terputus. Untuk itu, Telkom telah menyiapkan genset untuk back up catuan agar semua layanan dapat kembali normal.

Foto: Telkom


Begitupun halnya dengan kondisi perangkat di Sentral Telepon Otomat (STO) Juanda Bekasi yang sempat tidak beroperasi dikarenakan genangan air yang cukup tinggi.

"Alhamdulillah saat ini air sudah mulai surut dan perangkat di STO Juanda Bekasi sudah menyala. Kami mengupayakan percepatan pemulihan perangkat tersebut agar dapat segera kembali beroperasi melayani pelanggan," ungkap Ririek.

Selain memastikan keamanan perangkat jaringan, sebagai bentuk dukungan kepedulian kepada masyarakat, perusahaan BUMN ini juga turut memberikan bantuan kepada masyarakat dan pelanggan yang terdampak banjir Jabotabek.



Untuk di wilayah Jakarta dan sekitarnya, Telkom menyediakan 1.500 paket sembako untuk masyarakat di beberapa titik pengungsian, seperti Bekasi, Tangerang dan Jakarta Utara. Telkom juga mengerahkan lima perahu karet untuk mendukung kebutuhan evakuasi.

"Kami juga menyediakan Posko Bantuan sementara di kantor-kantor Telkom bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan. Semoga musibah banjir ini segera berlalu dan aktivitas dapat kembali normal," tutup Ririek.

Simak Video "Bergantung Pada Anak Perusahaan, Erick Thohir Sentil Telkom"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)