Jumat, 20 Des 2019 15:49 WIB

Menjajal Kecepatan Internet di Tol Japek Layang

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Luthfi Anshori Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Sebanyak 171 Base Transceiver Station (BTS) 4G dipasang Telkomsel di sepanjang jalan tol Jakarta-Cikampek (japek) layang. Lalu, bagaimana kecepatan internetnya?

Untuk mengetahui seberapa kencang internet yang ditawarkan Telkomsel saat berada di jalan Tol Japek layang, detikINET menggunakan tiga aplikasi penguji koneksi internet, yakni Speedtest, Opensignal, dan Nperf.


Hasilnya, bila berdasarkan nilai dari Speedtest, terlihat kecepatan internetnya untuk download mencapai 43,4 Mbps, lalu upload 25 Mbps, dan Ping 16 ms.

Menjajal Kecepatan Internet di Tol Japek LayangFoto: istimewa


Tak jauh berbeda dengan data Opensignal, kecepatan internet 4G Telkomsel untuk download di angka 50,3 Mbps, upload 18, 6 Mbps, dan lantensinya 29 ms.

Menjajal Kecepatan Internet di Tol Japek LayangFoto: istimewa

Begitu juga hasil yang ditunjukkan Nperf. Kecepatan internetnya dari Telkomsel menyentuh 49,46 Mbps terkait download, sedangkan upload bisa mencapai 13,70 Mbps. Secara keseluruhan, Nperf memberikan skor secara keseluruhan 78.000.

Menjajal Kecepatan Internet di Tol Japek LayangFoto: istimewa

Di samping itu, VP Network Operation Quality Management Telkomsel Jabotabek Jabar Awal R Chalik mengatakan bahwa mereka senantiasa memantau kualitas jaringannya, khususnya yang ada di jalan Tol Japek layang sepanjang 36,4 kilometer ini.

"Kita ada monitoring secara real time (kualitas jaringannya). Sebelum pelanggan complain, apakah kapasitasnya atau kualitasnya menurun karena BTS mati atau ada congest hingga gangguan, kita antisipasi sejak awal," ujarnya.

"Kalau ada sesuatu, kita perbaiki. Kita juga nggak menutup memungkinkan menerima feedback dari pelanggan, baik lewat Instagram, Twitter, nanti kita follow up," sambungnya.

Menjajal Kecepatan Internet di Tol Japek Layang




Simak Video "Tol Japek Padat, Polisi Perpanjang Contraflow Hingga Km 65"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)