Seberapa Ngebut 4G Telkomsel di Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek?

Seberapa Ngebut 4G Telkomsel di Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 08 Des 2019 17:31 WIB
Foto: Telkomsel
Jakarta - Telkomsel kembali menghadirkan layanan 4G di jalan tol Jakarta Cikampek II Elevated (Japek Layang). Sebelumnya, operator satu ini menyediakan akses 4G di sepanjang jalur utama tol Trans Sumatera.

Serangkaian peningkatan kapasitas Base Transceiver Station (BTS) dan uji jaringan dilakukan Telkomsel di jalur tol layang sepanjang 39 km, mulai dari pintu tol Cikunir hingga pintu tol Karawang Barat. Langkah ini dilakukan untuk menjamin kelancaran layanan telekomunikasi pelanggan.



Direktur Network Telkomsel Iskriono Windiarjanto mengatakan, pihaknya terus fokus membangun jaringan di wilayah Indonesia untuk menghadirkan pengalaman broadband pelanggan, tak terkecuali di ruas-ruas jalan tol yang baru dibangun oleh pemerintah.

"Secara khusus, Telkomsel membangun sekitar 82 unit BTS di sepanjang jalur tol Jakarta-Cikampek II Elevated, di mana seluruhnya menggunakan teknologi multi-band Long Term Evolution (LTE)," ujar Iskriono dalam keterangan tertulisnya, Minggu (12/8/2019).

Iskriono menuturkan penyediaan dan penguatan jaringan broadband di jalur tol Jakarta-Cikampek II Elevated, sebagai antisipasi Telkomsel untuk menyambut trafik liburan saat momen natal dan tahun baru di mana jalan tol merupakan jalur utama yang padat saat liburan atau saat mudik.

Telkomsel Hadirkan Layanan 4GFoto: Telkomsel


"Ke depan kami akan terus konsisten dan berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan telekomunikasi dengan teknologi terkini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia," lanjut Iskriono.

Di samping membangun 67 BTS 4G LTE baru di sepanjang jalur tol tersebut, untuk mengoptimalkan jaringan, Telkomsel juga menambah kapasitas 99 BTS 4G LTE.

Selain itu, guna mengantisipasi lonjakan trafik saat momen liburan natal dan tahun baru, Telkomsel pun telah melakukan serangkaian drive test di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek II Elevated. Dari hasil drive test tersebut, parameter coverage (kekuatan sinyal), kualitas sinyal dan capacity (data download throughput) diklaim menunjukkan hasil yang baik, di mana mencapai angka 99,35%.




Untuk melengkapi penyediaan layanan jaringan di ruas-ruas jalan tol, Telkomsel fokus memaksimalkan kapasitas jaringannya di 16 ruas tol utama di Sumatera dan Jawa, termasuk 12 ruas tol baru, di mana sudah dilayani sekitar 2.226 BTS Telkomsel. Sehingga untuk coverage jalur utama tol Trans Sumatera dan tol Trans Jawa sudah di-cover sinyal Telkomsel secara continues 100%.

Secara keseluruhan Telkomsel telah mengoperasikan lebih dari 209.000 BTS di mana 77.501 merupakan BTS 4G dan berkomitmen menambah sekitar 22.000 BTS baru hingga akhir tahun 2019 ini.

Untuk mempercepat penambahan coverage dan meningkatkan kualitas jaringan 4G di Indonesia, Telkomsel mengimplementasikan teknologi 4G LTE ini di seluruh BTS di frekuensi 900Mhz. Dengan implementasi tersebut, Telkomsel kini memperluas jangkauan layanan 4G mencapai 95% populasi menjangkau hampir di seluruh kota/kabupaten yang ada di Indonesia.

Simak Video "Menkominfo: Operator Seluler Jadi Garda Depan Pencegahan Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)