Jumat, 25 Okt 2019 07:06 WIB

Menkominfo Johnny Bicara Infrastruktur Ibu Kota Baru

Agus Tri Haryanto - detikInet
Johnny G Plate saat Sertijab Menkominfo. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Johnny G Plate saat Sertijab Menkominfo. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta - Selain upaya menyelesaikan undang-undang yang tertunda, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate juga turut memperhatikan pembangunan infrastruktur telekomunikasi di ibu kota baru.

Disampaikan Johnny, ibu kota baru yang nantinya akan ditempatkan di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur ini, harus mengadopsi konsep smart city.



"Yang pasti di ibu kota baru nanti dia harus smart city karenanya basis infrastruktur teknologinya harus betul-betul kuat, harus disiapkan," kata Johnny saat ditemui di gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Kamis (24/10).

Sesaat setelah dilantik jadi Menkominfo bersama menteri lainnya di kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Johnny diketahui langsung berdiskusi dengan jajaran pejabat Kominfo untuk mengetahui program kerja yang akan dan tengah dilakukan kementerian ini.

"Ini kan kita membangun (infrastruktur) baru nih, saya setuju sekali tuh smart city karena basis ibu kota modern. Apalagi dilengkapi dengan ibu kota yang hijau atau forest city. Kepala Bappenas dulu pak Bambang Brodjonegoro menyiapkan dokumen, dia bilang itu ibu kota kita forest city dan smart city juga," tuturnya.

Untuk saat ini, memang belum diketahui pasti, rencana apa yang akan dikerjakan Johnny sebagai nakhoda baru Kementerian Kominfo dalam membangun infrastruktur telekomunikasi di ibu kota baru.



"Pasti kita dukung juga, jadi provinsi Kalimantan Timur nanti, khusus di wilayah yang menjadi area ibu kota akan dibangun infrastruktur telekomunikasi digital yang baik dan besar," pungkasnya.

Simak Video "Strategi Menkominfo Johnny di Era Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)