Jumat, 11 Okt 2019 07:39 WIB

Tak Kalah dari Jakarta, Kecepatan 4G di Sorong Tembus 52 Mbps

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Sorong - Internet cepat yang disuguhkan jaringan 4G tidak hanya bisa dinikmati di Jakarta dan kota-kota besar di pulau Jawa saja. Kota dan Kabupaten Sorong yang berada di Papua Barat pun sudah menikmati hal serupa.

Saat detikINET mengunjungi dua wilayah tersebut, sinyal 4G begitu kuat. Bahkan sejumlah wilayah memancarkan sinyal 4G+.


Namun jaringan generasi keempat itu hanya dimiliki Telkomsel. Sementara Indosat Ooredoo dan XL Axiata masih 2G. Semoga saja setelahPalapa Ring Timur telah beroperasi, operator seluler Tanah Air dapat membawa layanan 4G mereka ke Sorong.

detikINET sempat menguji kecepatan internet di Kota dan Kabupaten Sorong menggunakan aplikasi Speedtest. Hasilnya cukup mengejutkan.

Saat di Kota Sorong kecepatan download tembus 52 Mbps. Sementara kecepatan uploadnya mencapai 20 Mbps.

Tak Kalah dari Jakarta, Kecepatan 4G di Sorong Tembus 52 MbpsFoto: Adi Fida Rahman/detikINET
Kami pun sempat menguji kecepatan internet di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kabupaten Sorong. Kecepatan download mencapai 12 Mbps. Sedangkan untuk upload lebih tinggi 29 Mbps.

Agar lebih lengkap, detikINET menjajal streaming video di YouTube. Dengan kualitas Full HD, streaming tidak menemui buffering. Demikian pula saat menonton serial Carnival Row di Amazon Prime berjalan lancar dengan kualitas HDR.

Selain menonton, detikINET menjajal memainkan game Call of Duty: Mobile. Game ini berjalan lancar tanpa hambatan sama sekali.
Tak Kalah dari Jakarta, Kecepatan 4G di Sorong Tembus 52 MbpsFoto: Adi Fida Rahman/detikINET






Simak Video "Tol Langit Beroperasi, 4.000 BTS Ekstra Segera Dibangun"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)