Kamis, 10 Okt 2019 20:40 WIB

Bidik Gen Z, Telkomsel Pakai 'Senjata' by.U

Agus Tri Haryanto - detikInet
Suasana peluncuran. Foto: Agus Tri Haryanto/inet Suasana peluncuran. Foto: Agus Tri Haryanto/inet
Jakarta - Generasi muda alias Gen Z yang dekat dengan layanan digital jadi bidikan Telkomsel. Layanan seluler prabayar digital bernama by.U jadi senjata utama Telkomsel dalam menyasar segmen tersebut.

Bila sebelumnya, SIM Card prabayar berserta kuota datanya sudah ditentukan oleh operator. Maka melalui by.U, pelanggan dapat mengkostumisasi kuota datanya sesuai kebutuhan.

"Seperti kita memesan pizza, mau toppingnya apa, mau tomato, cheeese, atau mozzarella. Seperti itu membeli produk ini. Anak muda bisa memilih kuota datanya untuk apa, untuk YouTube, Instagram, apakah Maxstream," ujar Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini di Jakarta, Kamis (10/10/2019).



Emma menjelaskan by.U didesain secara khusus dengan menyesuaikan karakter Gen Z yang bebas sampai aktivitas sehari-harinya tak terlepas dari genggaman smartphone. Karakteristik tersebut yang jadi alasan Telkomsel mengembangkan by.U dengan mengusung digitalisasi, personalisasi, dan transparansi.
Bidik Gen Z, Telkomsel Pakai 'Senjata' by.UFoto: Agus Tri Haryanto/inet

Pengalaman digital end-to-end yang by.U hadirkan meliputi seluruh proses penggunaan layanan, mulai dari pemilihan opsi pesan antar, nomor telepon by.U, kuota internet, kuota tambahan (topping), hingga pembayaran. Kuota internet by.U dapat digunakan pengguna dengan bebas selama 24 jam, di semua jaringan Telkomsel (2G, 3G, 4G).

Proses tersebut dilakukan melalui aplikasi by.U yang saat ini baru tersedia Play Store untuk smartphone berbasis Android. Sedangkan pengguna iPhone, Telkomsel menjanjikan akan hadir segera.

"Saat ini aplikasi by.U sedang dalam proses izin Google, tapi itu nggak perlu lama, besok seharusnya sudah ada di Play Store," kata Trio Y.G Lumbantoruan, Tribe Leader Smart Attacker Telkomsel

Untuk saat ini, by.U baru tersedia di Kota Depok, Kota Bogor, Kab. Bogor, Kota Sukabumi, Kab. Sukabumi, Kota Cianjur, Kab. Cianjur. Kemudian di kampus seperti di UI, IPB, Unpad, UGM, Insitut Teknologi 10 November, dan Universitas Brawijaya.


"Kami sengaja meluncurkan di kota selain Jakarta untuk memastikan layanan kami berjalan dengan baik. Tapi kalau nanti permintaan untuk hadir di Jakarta tinggi, kami akan meluncurkan layanan ini secepatnya," tutur dia.

Di samping itu semua, Emma mengatakan kehadiran by.U sebagai layanan selular prabayar digital pertama di Indonesia diharap jadi salah satu bukti transformasi Telkomsel sebagai digital telco company. "Mengutamakan customer centricity dalam mengembangkan produk dan layanan digital berkualitas bagi pelanggan," pungkasnya.

Simak Video "Ini Alasan Telkomsel Jadi Publisher Game"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)