Selasa, 24 Sep 2019 16:07 WIB

Sinyal Internet di DPR Lelet

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foto: Demo mahasiswa di gedang gedung DPR. (Farih-detikcom) Foto: Demo mahasiswa di gedang gedung DPR. (Farih-detikcom)
Jakarta - Layanan telekomunikasi di sekitar gedung DPR/MPR yang sedang didemo mahasiswa dikeluhkan lelet. Tidak hanya internet, tapi juga saat mencoba layanan telepon terjadi byar pet.

"Kirim pesan WhatsApp sering centang satu walau akhirnya terkirim, lemot sekali. Kirim foto susah. Browsing juga begitu," kata Danang, seorang warga yang kebetulan berada di dekat lokasi.

Ia mengatakan bar sinyal di ponselnya dalam kondisi penuh, tapi telekomunikasi tetap saja mengalami gangguan. Layanan telepon pun sempat tersendat di dekat lokasi, walau akhirnya bisa lancar saat sedikit menjauh.


Danang menyatakan gangguan tidak dialami oleh dirinya saja. Akan tetapi juga oleh orang-orang yang berada di dekat gedung DPR/MPR.

Dari pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah menyebutkan tidak ada pembatasan internet yang dilakukan oleh pihaknya. "Tidak ada rencana untuk blokir internet di sekitaran DPR," ujar Ferdinandus Setu selaku Plt Kepala Humas Kominfo.

Maka, leletnya akses internet kemungkinan karena alasan lain. Ada kemungkinan karena terkonsentrasi massa yang berjumlah banyak di satu titik, layanan telekomunikasi mengalami gangguan.

Walaupun sudah terjangkau sinyal operator (coverage) secara penuh, tetapi bisa saja kapasitas jaringan tak mencukupi lantaran banyak orang yang berkumpul pada satu lokasi.



Simak Video "Mahasiswa Kembali Beraksi di Sekitar Gedung DPR"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)