Rabu, 04 Sep 2019 21:50 WIB

Geber Perbaikan BTS di Papua, Telkomsel Masih Hadapi Kendala

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta - Telkomsel terus membenahi layanan telepon dan SMS di Jayapura, Papua, yang mengalami gangguan akibat kabel fiber optik yang terbakar di Abepura.

GM External Corporate Communication Telkomsel Aldin Hasyim menuturkan, progres perbaikan layanannya ini ada peningkatan dari hari ke hari, khususnya terkait Base Transceiver Station (BTS) yang down.

"Per Senin kemarin (2/9) BTS yang down itu ada 11, per siang ini tinggal sembilan BTS lagi," ucap Aldin, Rabu (4/9/2019).




Adapun kendala dalam pemulihan layanan ini dikarenakan perbaikannya dilakukan di siang hari demi mengantisipasi keamanan dan keselamatan para pekerja. Yang pasti Telkomsel terus mengebut pengerjaan agar layanan SMS dan telepon kembali normal pekan ini.

"Kendalanya itu perbaikannya selalu dilalukan siang hari. Kalau situasinya normal, kita kerjakan pagi, siang, malam," ucapnya.

Buka Blokir Internet

Pemerintah sebelumnya juga telah berencana untuk membuka akses blokir internet di Papua dan Papua Barat. Adapun pembukaan gerbang ke dunia maya tersebut dilakukan secara bertahap.

Terkait hal ini, Telkomsel menyebutkan sampai sekarang belum ada arahan lebih lanjut dari pemerintah, khususnya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), untuk membuka akses internet di Bumi Cenderawasih.

"Belum ada arahan dari Kominfo daerah mana dulu yang akan dibuka (akses internetnya)," ucap Aldin.





(agt/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com