Senin, 12 Agu 2019 10:30 WIB

Masih Teriak 4G Boros? Coba Ingat-ingat Kebiasaan Kamu di Internet

Akfa Nasrulhak - detikInet
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Teknologi jaringan generasi keempat atau 4G sudah jamak dinikmati masyarakat Indonesia. Hadirnya jaringan ini turut mengubah kebiasaan penikmat internet yang sebelumnya menggunakan layanan 3G.

Misalnya saja lebih sering streaming musik atau video, streaming video dengan resolusi tinggi, atau mengunduh banyak aplikasi atau file karena kecepatannya lebih ngebut. Tanpa disadari hal-hal tersebut memunculkan anggapan bahwa jaringan 4G dapat menguras banyak dompet.

Sebenarnya tidak begitu lho. Menggunakan jaringan 4G tentu akses ke internet lebh cepat dari 3G, sehingga timbul kebiasaan baru karena saking menikmatinya koneksi 4G. Padahal harga paket data cenderung sama dengan jaringan 3G.

Nonton YouTube Lewat Smartphone

Saat menonton video streaming atau video di YouTube, saat menggunakan jaringan 3G biasanya tidak mengakses dari smartphone. Namun ketika menggunakan jaringan 4G dan akses yang didapat lebih kencang, pengguna pun jadi mulai menonton lewat smartphone.


Selain itu, jika sebelumnya menonton di YouTobe dengan kualitas low rate, setelah menggunakan 4G mulai terbiasa nonton video berkualitas HD karena lebih ngebut tanpa hambatan. Dengan perubahan kebiasaan menonton YouTube yang lebih mumpuni ketimbang 3G, maka yang perlu diperhatikan adalah penggunaan datanya. Hal itu karena yang biasanya tidak kita dikonsumsi, setelah beralih ke 4G juga ikut dikonsumsi.

Berjejaring di Sosial Media

Saat membuka jejaring sosial seperti Facebook, Path, dan Instagram, karena lebih cepat dibuka, seringkali lebih banyak waktu yang dihabiskan di jejaring sosial tersebut. Dengan demikian, makin banyak pula data yang dipakai. Bahkan, saking cepatnya posting sesuatu di media sosial, seringkali tak hanya foto yang di-upload, tapi juga mulai sering upload video.

Sering Unduh Aplikasi & Video

Selain upload, mengunduh video atau pun aplikasi dengan menggunakan jaringan 4G bisa dilakukan dengan lancar dan cepat. Maka dengan kemudahan tersebut, seringkali pengguna tak terkontrol hingga akhirnya jadi lebih sering mengunduh banyak aplikasi dalam ponselnya. Perilaku tersebut yang menyebabkan penggunaan kuota data jadi lebih boros.

Dengan demikian, sebenarnya dari anggapan bahwa 4G itu boros, padahal kerena akses internet lebih cepat dan aplikasi lebih banyak, maka tentu akan memicu penggunaan data lebih banyak lagi. Sehingga kuota data yang digunakan menjadi lebih cepat habis.


Jaringan 4G memungkinkan pengguna internet untuk menyelami dunia maya dengan lebih mudah. Ini karena didukung jaringan 4G yang lebih cepat ketimbang 3G. Operator yang menghadirkan kecepatan 4G di Indonesia adalah Telkomsel.

Jaringan 4G Telkomsel sudah menyelimuti 480 kota di seluruh Indonesia. Yuk beralih ke 4G Telkomsel karena ada kuota 30 GB untuk 6 bulan untuk kamu yang beralih ke jaringan 4G!

Mau tahu berita lainnya dari Telkomsel? Klik di sini.



Simak Video "Ini Penjelasan soal Gangguan Jaringan Internet Telkomsel"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/krs)