Jumat, 26 Jul 2019 15:42 WIB

Gaji Fresh Graduate Perusahaan Telco Tembus Rp 8 Juta, Tapi...

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi. Foto: iStock Ilustrasi. Foto: iStock
Jakarta - Belakangan jagat maya dihebohkan dengan keluhan seseorang yang mengaku lulusan UI yang menolak digaji Rp 8 juta hingga jadi trending topic di media sosial. Pertanyaannya, apakah gaji sebesar itu bisa didapatkan fresh graduate di perusahaan telekomunikasi?

detikINET menanyakan hal tersebut ke salah seorang yang bekerja di sebuah operator seluler besar. Menurut sumber tersebut, gaji pokok fresh graduate memang bisa mencapai angka Rp 8 jutaan. Bahkan, Take Home Pay alias pembayaran utuh yang diterima karyawan bisa mencapai Rp 10 jutaan.

Ini berlaku di perusahaannya, ia tidak tahu bagaimana situasi di 'sebelah'. Namun, besaran sejumlah itu tak berlaku bagi semua fresh graduate yang diterima bekerja di sana, karena ada pertimbangan-pertimbangan tertentu yang diberlakukan.

"Dan di kita untuk ada program management trainee juga. Jadi, semacam probation untuk melihat gimana fresh graduate ini sebenarnya. Apakah posisinya pas dengan kompetensinya," ucap dia.



Sebelumnya, Jobplanet.com, sebuah situs yang memberi informasi terkait pekerjaan pernah mengungkap besar gaji yang dapat dikantongi pegawai di perusahaan telekomunikasi.

Tapi ini merupakan data tahun 2016 sehingga kemungkinan besar ada perubahan jumlah. Selain itu, Jobplanet tak memberi keterangan apakah informasi gaji ini untuk fresh graduate atau yang berpengalaman.

Dalam analisisnya, Jobplanet mengambil sampel sepuluh perusahaan telekomunikasi yang telah mendapatkan review terbanyak dari para karyawan dan mantan karyawan mereka.


Dalam menganalisis gaji, mereka mengelompokkan karyawan perusahaan telekomunikasi berdasarkan posisi mereka di perusahaan, yakni level staf dan manajer, serta bidang pekerjaan mereka, yakni teknis dan non-teknis.

Profesi di bidang teknis, misalnya berhubungan dengan TI (teknologi informasi) dan R&D (riset dan pengembangan). Sementara profesi di bidang non-teknis, misalnya berhubungan dengan marketing, sales, dan desain.

Menurut data yang dirangkum oleh Jobplanet, rata-rata gaji staf teknis di perusahaan telekomunikasi, mulai dari yang terendah hingga tertinggi, berada di kisaran Rp 4,1 juta - Rp 7,6 juta.

Sementara rata-rata gaji staf non-teknis di perusahaan telekomunikasi, mulai dari yang terendah hingga tertinggi, berada di kisaran Rp 3 juta - Rp 8,2 juta.

Sementara itu, rata-rata gaji manajer teknis di perusahaan telekomunikasi berada di kisaran Rp 10,3 juta - Rp 20,75 juta dan rata-rata gaji manajer non-teknis di perusahaan telekomunikasi berada di kisaran Rp 9,75 juta - Rp 22,6 juta.



Video: Sentilan Dian Sastro soal Ribut-ribut Masalah Gaji Rp 8 Juta

[Gambas:Video 20detik]

(agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed