Selasa, 09 Jul 2019 08:29 WIB

Download 5G 3 Kali Lebih Ngebut dari 4G

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Pengguna 5G di Amerika Serikat (AS) mencicipi kecepatan download paling ngebut di dunia, sekitar 3 kali lebih cepat dari kecepatan maksimal 4G. Demikian hasil studi yang dilakukan OpenSignal yang berbasis di London, Inggris.

Studi ini memperlihatkan kecepatan download tertinggi bagi pengguna 5G di AS mencapai 1,8 Gbps, disusul di urutan berikutnya ada Swiss di angka 1,1 Gbps dan Korea Selatan di posisi ketiga dengan angka 1 Gbps.



Para peneliti dalam studi ini memberikan catatan, studi ini adalah penanda era awal 5G dan kecepatan maksimalnya diprediksi masih akan bertambah seiring perluasan ketersediaan jaringan konektivitas generasi kelima ini nantinya.

"Perbedaan antara kecepatan maksimal pengguna 5G dan 4G berkisar antara 2,7 kali lebih cepat di AS dan 2,6 kali lebih cepat di Swiss," kata VP Analysis OpenSignal Ian Fogg, seperti dikutip dari Gadgets Now, Selasa (9/7/2019).

Di Australia, kecepatan maksimum yang dialami pengguna 4G terbilang sangat cepat. Hal ini menyebabkan kecepatan maksimum 5G hanya beda tipis dengan kecepatan maksimum 4G di negara tersebut.

Dalam studi ini, para peneliti membandingkan kecepatan real maksimal di 8 negara yang sudah meluncurkan jaringan 5G, yakni Swiss, Korea Selatan, Australia, Uni Emirat Arab, Italia, Spanyol, Inggris dan AS.


"Tidak mengherankan bahwa kecepatan maksimal 5G ada di AS, mengingat operator di sana sudah memanfaatkan spektrum mmWave untuk 5G," kata Fogg.

"Ini adalah kapasitas super cepat dan sangat tinggi, namun terbatas jika dibandingkan dengan spektrum 5G 'midband' 3,4 GHz - 3,8 GHz yang umum digunakan di negara-negara di mana spektrum mmWave belum tersedia," tambahnya. (rns/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed