Kamis, 27 Jun 2019 15:52 WIB

Intel Siap-siap Lelang Paten Modem Seluler

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Alexander Koerner/Getty Images Foto: Alexander Koerner/Getty Images
Jakarta - Setelah memutuskan untuk meninggalkan bisnis modem seluler, kini Intel siap-siap untuk melelang paten dan properti intelektualnya terkait teknologi modem.

Aset Intel yang siap dilelang itu jumlahnya mencapai 8500, yang berasal dari portfolio patennya. Lelangnya sendiri akan terbagi menjadi dua bagian utama, yaitu portfolio seluler dan portfolio perangkat terkoneksi.




Pada portfolio seluler ada sekitar 6.000 paten terkait 3G, 4G, dan 5G, dan 1700 aset terkait teknologi implementasi nirkabel. Lalu untuk portfolio perangkat terkoneksi ada hampir 500 paten soal industri elektronik dan semikonduktor.

Seperti sebelumnya pernah diberitakan, Intel memang tak tertarik untuk melego bisnis modemnya secara keseluruhan. Mereka lebih tertarik menjualnya (melalui lelang) secara eceran, demikian dikutip detikINET dari 9to5Mac, Kamis (27/6/2019).

Namun ada juga yang menganggap kalau keputusan Intel untuk menjual portfolio properti intelektualnya ini dilakukan untuk mengerek ketertarikan perusahaan lain agar membeli bisnis modem Intel secara keseluruhan.




Sebelumnya Apple juga dikabarkan tertarik mengakuisisi bisnis modem Intel. Namun hingga saat ini belum ada informasi lain soal ketertarikan Apple yang kabarnya sudah mencapai tahap negosiasi itu.

Apple saat ini memang tengah mengembangkan modem 5G yang bakal dipakai di iPhone. Untuk iPhone yang dirilis pada 2020 mendatang memang diperkirakan menggunakan modem 5G dari Qualcomm, namun modem buatan Apple itu diperkirakan akan siap digunakan pada 2022.


(asj/krs)