Jumat, 21 Jun 2019 17:18 WIB

Smartfren Siap Trial 5G di RI, Tapi Enggan Buru-buru

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta - Setelah mengumumkan kerja sama dengan ZTE awal Mei kemarin, Smartfren mulai bersiap-siap melakukan trial 5G di Indonesia.

Disampaikan oleh Presiden Direktur Smartfren Merza Fachys, alat-alat teknologi 5G yang disediakan ZTE sudah tiba di Tanah Air.

"Sedang disiapkan. Bulan ini barang-barangnya baru tiba, kita pasang dulu, tes dulu. Ya kita lihat berapa lama," ujar Merza ditemui di Jakarta, Jumat (21/6/2019).

Merza sendiri tak mengungkap kapan Smartfren akan mulai menjajal jaringan kelima itu. Sejauh ini teknologi 5G tersebut tampak masih bakal ditujukan buat kebutuhan industri.




"Kita trial di Marunda, di sebuah pabrik minyak milik Sinar Mas. Kita diminta untuk memikirkan bagaimana 5G bisa mendukung industri, maka kita manfaatkan di sana," tuturnya.

Sehubungan itu Smartfren telah mendapat izin dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), sejak Mei kemarin sampai satu tahun ke depan. Dalam trial 5G, Smartfren akan menggunakan pita frekuensi 28 GHz.

"Trial nggak usah buru-buru, santai saja. Maksud saya, barangnya baru tiba, baru mau kita pasang, namanya masih belajar, kita dalami," pungkasnya.




Lihat video Inilah Berbagai Kecanggihan Internet 5G:

[Gambas:Video 20detik]


Smartfren Siap Trial 5G di RI, Tapi Enggan Buru-buru
(agt/krs)