Senin, 03 Jun 2019 08:18 WIB

Inggris Hadirkan 5G, Paket Internetnya Mulai Rp 974 Ribu

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: detik Foto: detik
Jakarta - Inggris resmi menghadirkan layanan 5G buat warganya ini berkat salah satu operator, EE, yang menyediakan akses ke jaringan generasi kelima tersebut.

Padahal, seperti diberitakan sebelumnya, adalah Vodafone yang lebih menyatakan bakal memperkenalkan 5G dengan membidik tujuh kota di negeri Ratu Elizabeth itu.

Di samping persaingan tersebut, Inggris menjadi negara ketiga di dunia yang sudah mengkomersialkan layanan 5G ke publik. Sebelumnya ada Korea Selatan dan Amerika Serikat.




Menurut pemberitaan dari The Verge, Minggu (2/6/2019), tidak semua kota di Inggris bisa merasakan kecanggihan 5G. Sejauh ini EE baru menggelar jaringan 5G di enam kota, yaitu London, Edinburgh, Cardiff, Belfast, Birmingham, dan Manchester.

EE menyediakan layanan 5G ini untuk menghadirkan pengalaman pelanggan dalam menjelajahi tujuan wisata populer, misalnya di London ada St Paul, Convent Garden, Soho, The Strand, Tower Bridge, dan London Bridge.

The Verge juga menjajal kecepatan 5G dengan memanfaatkan smartphone OnePlus 7 Pro 5G. Kecepatan download rata-rata yang diberikan bisa 10 kali lipat daripada jaringan 4G. 5G bisa memberikan kecepatan 200 Mbps, sedangkan 4G hanya sekitar 25 Mbps.




Kecepatan download terbaik yang dirasakan saat menggunakan 5G, pengguna bisa menerima kecepatan hingga 510 Mbps yang terjadi di area Convent Garden selama jam makan siang.

Berita buruknya, kecepatan upload justru tak berbeda jauh dengan 4G. The Verge menyebutkan, kecepatannya bisa mencapai 33 Mbps.

EE membanderol penggunaan layanan 5G mulai dari £54 atau Rp 974 ribuan sebulan untuk data 10GB. Ada pula paket £74 atau, Rp 1,3 jutaan sebulan, untuk 120GB. Patut diingat pula ketersediaan handset yang mendukung jaringan ini masih terbatas.





(agt/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed