Kamis, 16 Mei 2019 19:07 WIB

Smartfren Rencanakan Uji Coba 5G Bulan Depan

Sudirman Wamad - detikInet
Foto: Miguel Benitez/Getty Images Foto: Miguel Benitez/Getty Images
Jakarta - PT Smartfren Telcom Tbk, bekerjasama dengan ZTE, bakal menguji jaringan 5G pada bulan depan. VP Technology Relations dan Special Project Munir Syahda mengatakan, pihaknya tengah mengkaji lokasi yang sesuai untuk uji coba jaringan 5G.

"Untuk trial itu dengan ZTE, nanti kita akan memilih tempat. Kemungkinan bulan depan bisa dilakukan," kata Munir saat berbincang dengan detikcom di kawasan Jalan Bypass Brigjend Darsono Kota Cirebon, Kamis (16/5/2019).

Munir mengatakan, sejak awal tahun 2019 Smartfren sudah mengantisipasi implementasi jaringan 5G. Bahkan, imbuhnya, generasi terbaru Smartfren sudah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan 5G.




"Implementasinya itu kita cangkokkan ke 4G, untuk memenuhi kebutuhan. Ada carrier aggregation, MIMO and QAM, beam forming serta full duplex. Ini kita siapkan," kata Munir.

Namun demikian, Munir tak menampik ada beberapa komponen yang belum disiapkan, yakni milimeter wave. Munir menyebutkan milimeter wave merupakan frekuensi yang dibutuhkan untuk jaringan 5G.

"Ya kita tinggal tunggu pemerintah saja, Kominfo tugasnya," kata Munir.




(krs/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed