Kamis, 16 Mei 2019 13:50 WIB

Smartfren Siapkan Banyak Mobile BTS Sepanjang Tol Trans Jawa

Sudirman Wamad - detikInet
Foto: Dok. Smartfren Foto: Dok. Smartfren
Cirebon - PT Smartfren Telcom Tbk menguji kesiapan jaringan menjelang arus mudik lebaran. Pengujian jaringan dilakukan guna memastikan kesiapan memenuhi kebutuhan komunikasi saat momen mudik nanti.

Pengujian jaringan dilakukan dengan rute dari Jakarta menuju Cirebon. Kemudian dilanjut dari Cirebon menuju Kabupaten Brebes, Jateng.

"Dari Jakarta ke Cirebon menggunakan kereta api. Cirebon ke Brebes lewat tol. Hasilnya cukup bagus, cukup mumpuni," kata VP Technology Relations dan Spesial Project Smartfren Munir Syahda saat berbincang dengan detikcom di kawasan Jaoan Bypass Brijend Darsono Kota Cirebon, Jabar, Kamis (16/5/2019).




Munir memastikan pihaknya siap memberikan pelayanan maksimum kepada masyarakat saat momen mudik lebaran nanti. Pihak Smartfren menyiapkan 180 mobile Base Transciever Station (BTS) sepanjang jalan tol trans Jawa, dari Merak hingga Surabaya.

"Ada juga jaringan coverage yang kita siapkan, dari tol Marek ke Surabaya itu ada 1.550 BTS. Ini di luar yang 180 BTS itu. Kita juga siapkan mobile BTS lebih kecil, mobile moving ranger di 75 regional yang ada di Indonesia," papar Munir.

Lebih lanjut, Munir mengatakan mobile BTS disiapkan pula di jalur kereta api. Penempatannya berdampingan dengan kereta api.




"Kesiapannya sudah selesai per April lalu, kita sudah cek. Biasanya penggunaannya meningkat saat dua minggu jelang lebaran," kata Munir.

Munir menyebutkan optimalisasi dan penambahan kapasitas di sejumlah titik tersebut dilakukan sesuai dengan kajian. Karena, lanjut dia, peningkatan traffic selain terjadi di pusat transportasi, bakal terjadi juga di sepanjang jalur tol trans Jawa.

"Kita melakukan penambahan kapasitas rata-rata 30 persen serta mempersiapkan team task force lapangan. Nanti ada Pemantuan di jalur mudik," ucap Munir.


(krs/agt)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed