Kamis, 25 Apr 2019 22:39 WIB

Soal Implementasi 5G di Indonesia, Diusulkan Ada Satuan Tugas

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Beberapa operator telekomunikasi di Indonesia sudah menguji coba jaringan 5G. Demi mengefektifkan langkah menuju implementasi 5G, diusulkan ada task force khusus.

Diusulkan pula agar task force, atau satuan tugas khusus, ini nantinya dapat diisi oleh berbagai pihak yang terkait, mulai dari sektor teknis hingga bisnis. Satgas ini nantinya bertugas menjalankan kajian komprehensif tentang kesiapan implementasi 5G.




"Memang di operator dan vendor sudah trial tapi selalu masing-masing," kata Direktur Penataan Sumber Daya Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo Denny Setiawan dalam acara Barcelona Unboxed Indonesia, di Jakarta, Kamis (25/4/2019).

"Mungkin kita perlu sama-sama membuat task force supaya trial-nya tidak mubazir. Kami berharap ada nanti regulator, vendor, operator akademisi maupun asosiasi terlibat," sambungnya.




Dibentuknya task force itu tak lepas dari fakta bahwa saat ini masih banyak isu yang masih harus dibahas seperti spektrum yang belum tersedia, harga, use case, hingga infrastruktur. Maka setiap anggota satuan tugas bisa menyelesaikan satu isu tertentu.

Denny berharap satuan tugas ini bisa dibentuk dalam waktu dekat dan kajian tersebut bisa diselesaikan pada tahun ini. Dengan integrasi ini, Denny berharap Indonesia sudah bisa merasakan jaringan generasi kelima ini dalam satu atau dua tahun mendatang.

Soal Implementasi 5G di Indonesia, Diusulkan Ada Satuan TugasFoto: Virgina Maulita Putri/detikINET

"Saya optimistis 2020 hingga 2024 eranya 5G. Fight ini kita harus siap, kalau tidak kita akan kalah di ASEAN," pungkasnya.





(vim/krs)