Kamis, 04 Apr 2019 21:15 WIB

Tri Uji Coba Teknologi LAA, Tembus 330 Mbps

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Tri Indonesia Foto: Tri Indonesia
Jakarta - PT Hutchison 3 Indonesia (Tri) telah melakukan uji coba teknologi Licensed Assisted Access(LAA) beberapa waktu lalu. Hasilnya, kecepatan unduh dari teknologi tembus hingga 330 Mbps

Diketahui, LAA merupakan teknologi 4,9G yang mengagregasikan spektrum seluler dengan pita WiFi. Teknologi memberikan kecepatan cepat yang melengkapi teknologi 5G.

Dalam melakukan uji coba teknologi LAA ini, Tri bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) secara live di Eldorado, Lembang. Uji coba ini diselenggarakan bersamaan dengan gelaran Bima Day yang dihadiri sekitar 12 ribu milenial.




Di tengah kepadatan trafik layanan selama acara berlangsung, kecepatan download di live networks berteknologi LAA ini download mencapai 330 Mbps dan upload 25 Mbps, serta menghasilkan pengalaman yang baik saat melakukan aktivitas mobile game dan streaming video resolusi 8K.

Pengujian teknologi terasa istimewa, karena diintegrasikan LAA dalam live networks Tri Indonesia di tengah acara yang dihadiri 12 ribu pelanggan, sehingga dapat disimulasikan dan user experience bisa langsung dirasakan di ekosistem yang live.

Tri Uji Coba Teknologi LAA, Tembus 330 MbpsFoto: Tri Indonesia


"Apresiasi kami kepada 3 Indonesia yang telah memfasilitasi uji coba LAA. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami dalam mempersiapkan regulasi dan peta pengembangan teknologi serta infrastruktur broadband. Hasil uji coba ini sangat baik dan optimal," kata Aryo Pamoragung selaku Kepala Subdirektorat Penataan Alokasi Spektrum Dinas Tetap dan Bergerak Darat, Ditjen SDPPI Kementerian Kominfo.

Sementara itu, Chief Technology Officer Tri Indonesia mengatakan teknologi dapat menjadi pilihan untuk menghadirkan layanan internet cepat bagi pelanggannya yang berada di daerah trafik telekomunikasi yang padat.




Selain itu juga, dapat menghadirkan teknologi yang mendekati kemampuan 5G sebelum teknologi 5G Hadir. Dalam pengujian ini juga, Tri Indonesia mendapat dukungan dari Nokia.

"Kami akan selalu berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan dengan inovasi dan teknologi terbaru untuk mampu selalu memberikan pengalaman terbaik baik pelanggan," sebutnya.


(agt/krs)