Selasa, 19 Mar 2019 23:05 WIB

Operator Seluler Perkuat Sinyal Internet di Area Wisata

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - XL Axiata (XL) dan Smartfren memperkuat layanan data, khususnya di daerah yang jadi tujuan wisata. Di mana saja daerah tersebut?

Ketika XL baru-baru ini memperkuat infrastruktur jaringan di Banyuwangi, Jawa Timur, maka Smartfren memilih menyelimuti pantai Pandawa di Bali dengan layanan 4G miliknya.

Menurut XL, Banyuwangi adalah salah satu daerah yang sukses mengembangkan potensi pariwisata dengan memanfaatkan sarana digital sebagai jalur promosinya. Di daerah ini pula trafik layanan data XL terus mengalami peningkatan.




"Sepanjang 2017 trafik layanan data XL Axiata di Banyuwangi meningkat 92%. Kami yakin pertumbuhan trafik data di daerah ini akan terus tinggi di masa mendatang mengingat terus berkembangnya ekonomi daerah, dengan pariwisata sebagai salah satu penopang utamanya," Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya.

Pertumbuhan trafik tersebut sekaligus menunjukkan kian tingginya intensitas masyarakat dalam memanfaatkan layanan data XL. Untuk itu, operator yang identik warna biru tersebut berkomitmen terus memperluas jaringan 4G di Banyuwangi di tahun 2019 ini.

Saat ini pengguna layanan data XL di Banyuwangi mencapai 300 ribu pengguna dan ditopang oleh lebih dari 185 BTS 4G dan 315 BTS 3G. Salah satu acuan bagi XL dalam peningkatan kualitas dan perluasan jaringan data ini adalah lokasi wisata yang terus berkembang pula, antara lain kawasan pantai pulau merah dan desa adat OSING.


Operator Seluler Perkuat Sinyal Internet di Area WisataFoto: Rachman Haryanto


Untuk tahun 2019, XL telah menganggarkan belanja modal sebesar Rp 7,5 triliun, di mana 80% diantaranya dialokasikan guna membangun jaringan data berkualitas, termasuk di luar pulau Jawa.

"Membangun jaringan hingga ke pelosok negeri searah dengan visi pemerintah yang berusaha melaksanakan percepatan pembangunan di segala bidang, dengan infrastruktur jaringan data dan internet cepat sebagai salah satu penopang utamanya," kata Yessie.

Tercatat, saat jumlah pelanggan XL mencapai sekitar 54,9 juta pelanggan, dengan jumlah pelanggan data mencapai sekitar 82% dari total pelanggan, yang didukung dengan infrastruktur jaringan sebanyak lebih dari 118 ribu BTS termasuk lebih dari 81 ribu BTS data (3G & 4G) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia serta jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 45 ribu km. Saat ini jangkauan layanan data 4G XL juga telah melayani sekitar 400 kota/kabupaten di Indonesia.




Sementara itu, tingginya industri pariwisata di Pulau Dewata, khususnya pantai Pandawa, Kabupaten Badung, Bali, jadi alasan Smartfren dalam menggelar jaringan 4G di lokasi tersebut.

"Setelah sebelumnya, kami melakukan beberapa kegiatan seperti sosialisasi terkait anti kantong plastik, anti hoax, anti narkoba, dan anti internet boros untuk mendukung program pemerintah daerah Bali. Kali ini kami kembali melakukan tindakan nyata dengan hadir di pantai Pandawa, Bali. Tentunya dengan hadirnya Smartfren, kami harapkan dapat membantu industri pariwisata di Bali semakin berkembang," tutur Michael Yoe, Region head Bali Smartfren.

Operator Seluler Perkuat Sinyal Internet di Area WisataFoto: Smartfren


Berbagai pilihan paket disiapkan oleh Smartfren kepada pelanggan yang ingin merasakan layanan 4G miliknya. Anak perusahaan Sinar Mas ini juga menghadirkan kartu khusus bagi masyarakat Bali serta program gratis sekeluarga.

"Di mana pelanggan baru, cukup membeli satu kartu perdana GSM Super 4G 30 GB dan langsung berhak mendapatkan maksimal 3 kartu perdana Bali," pungkasnya.

Adapun pelanggan Smartfren di Bali dilayani melalui tiga gelari yang berada di jalan Pulau Kawe, Sunset Road, dan Singaraja.


(agt/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed