Rabu, 27 Feb 2019 13:09 WIB

Menilik Sejauh Mana Regulasi 5G Indonesia Dibentuk

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: detik Foto: detik
Jakarta - Sejumlah vendor mulai memperkenalkan ponsel 5G mereka, sebut saja V50 ThinQ, Mi Mix 3, Axon 10 Pro, hingga ponsel layar lipat Mate X. Perangkat tersebut tentunya akan mengandalkan frekuensi jaringan generasi kelima di setiap negaranya. Bagaimana dengan Indonesia?

Pada tahun lalu, tiga operator seluler terbesar Indonesia sudah melakukan memperkenalkan teknologi 5G mereka masing-masing, meskipun semuanya masih dalam tahap uji coba. Tiga operator ini adalah Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat Ooredoo.

Telkomsel sudah melakukan tes 5G untuk keperluan memeriahkan perhelatan Asian Games 2018 lalu. Anak perusahaan BUMN ini memamerkan teknologi yang menggunakan jaringan masa depan tersebut, termasuk memperlihatkan bagaimana 5G bisa menjalankan mobil tanpa sopir alias autonomous car.




Berlokasi di sekitar Kota Tua Jakarta, teknologi 5G dan Wireless Gigabit (WiGig) diterapkan XL pada sejumlah aktivitas pengelolaan lingkungan perkotaan. Sedangkan, Indosat Ooredoo melakukan dua demo yang memanfaatkan jaringan 5G, yaitu test bed untuk 5G dan 3D-AR (Augmented Reality).

Lalu, sejauh mana regulasi 5G di Indonesia dibentuk?


Video: Wow! Inilah Berbagai Kecanggihan Internet 5G

[Gambas:Video 20detik]



Untuk menjawab hal itu, Anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) I Ketut Prihadi Kresna mengungkapkannya. Disampaikan Ketut, sejauh ini BRTI belum punya persyaratan teknis untuk perangkat 5G sehingga belum ada perangkat 5G yang disertifikasi dan digunakan di pasar.

"Kami masih mengkaji dari berbagai sisi, tidak hanya untuk seluler, yaitu dari sisi alokasi spektrum frekuensi radio, persyaratan teknis perangkat dan jenis penyelenggaraan, termasuk aplikasi juga," ujar Ketut.




Saat ditanya mengenai target aturan 5G akan dikeluarkan, Ketut menjawab bahwa rencana implementasi jaringan generasi kelima itu masih dalam tahap uji coba lagi pada tahun ini.

"Rencana implementasi 5G sudah disiapkan sejak tahun lalu dengan menggelar uji coba indoor pita frekuensi 15 GHz oleh XL Axiata dan 72GHz oleh Telkomsel. Uji coba indoor dan outdoor pita frekuensi 28GHz juga telah digelar oleh Telkomsel saat Asian Games XVII. XL menggelar uji coba outdoor pada pita frekuensi radio yang sama. Indosaat Ooredoo juga," kata Ketut.

"Tahun ini direncanakan akan dilakukan kembali uji coba pada pita frekuensi rdaio 26 GHz dan pita frekuensi radio 3,5GHz. Jadi, kami msh melakukan uji coba untuk menentukan pita-pita frekuensi radio mana yang sesuai," pungkasnya.


Menilik Sejauh Mana Regulasi 5G Indonesia Dibentuk
(agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed