BAKTI Minta Operator Maksimalkan Palapa Ring Barat

BAKTI Minta Operator Maksimalkan Palapa Ring Barat

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Sabtu, 15 Des 2018 06:45 WIB
Ilustrasi akses internet. Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) mendorong operator melakukan pemanfaatan jaringan serat optik Palapa Ring Barat yang telah selesai.

Hal tersebut bertujuan agar masyarakat di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) mendapatkan manfaat yang maksimal.

Direktur Utama BAKTI, Anang Latif, mengatakan keterlibatan operator dalam memanfaatkan jaringan Palapa Ring Barat sangat penting. Hal ini berkaitan dengan peningkatan pelayanan bagi masyarakat di wilayah 3T.



"Sejak terbangunnya jaringan Palapa Ring Barat, kecepatan internet di wilayah pedesaan mencapai 10 Mbps, sementara di perkotaan mencapai 20 Mbps. Hal ini seharusnya dimanfaatkan operator agar masyarakat mendapatkan manfaat lebih besar," tuturnya.

Anang mengatakan, saat ini sudah ada operator yang memanfaatkan bandwidth Palapa Ring Paket Barat, sebagaimana tercantum dalam keterangam resmi yang diterima detikINET.

"Terdapat 19 lokasi BAKTI Aksi (Akses Internet) on air, 6 lokasi yang masih proses instalasi di Natuna yang menggunakan Palapa Ring Paket Barat dan di Kabupaten Anambas terdapat 1 lokasi BAKTI Aksi yang telah menggunakan Palapa Ring paket barat." ujarnya melanjutkan.

Sebagai informasi, Palapa Ring tidak hanya berada di barat Indonesia. Proyek ini juga dijalankan di bagian tengah Dan timur.



Proyek Palapa Ring Tengah sudah mencapai 99,7% dan hanya tersisa masalah administrasi. Sementara itu, proyek Palapa Ring Timur telah mencapai 84,04%.



Simak video 'Menkominfo Ajak Operator Seluler Manfaatkan Palapa Ring Barat':

[Gambas:Video 20detik]

(rns/rns)