Senin, 26 Nov 2018 19:30 WIB

Perlu Tahu! Ini Kecepatan Wi-Fi dan Data Seluler di Indonesia

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Kecepatan wi-fi dan data seluler di Indonesia ternyata tak istimewa, masing-masing hanya di bawah 10 Mbps. Foto: Thinkstock Kecepatan wi-fi dan data seluler di Indonesia ternyata tak istimewa, masing-masing hanya di bawah 10 Mbps. Foto: Thinkstock
Jakarta - Saat bepergian ke mal, kafe, restoran, atau rumah teman, bisa jadi salah satu pertanyaan yang kerap dilontarkan ketika sudah sampai di sana adalah "ada wi-fi nggak?" Ini seakan menjadi kebiasaan -- selain untuk menghemat kuota internet, kecepatan wi-fi juga kerap dianggap lebih ngebut dari data seluler.

Di Indonesia, hal tersebut memang benar adanya. Ini terlihat dari riset yang dilakukan oleh OpenSignal.




Di sini, rataan kecepatan wi-fi dapat mencapai 8 Mbps. Tidak istimewa memang, tapi lebih baik dibandingkan kecepatan internet menggunakan data seluler yang hanya berada di angka 6,7 Mbps.

Meski demikian, ada yang unik jika membahas kecepatan download dan upload. OpenSignal mengungkapkan bahwa di Indonesia, wi-fi hanya unggul dalam hal download. Sedangkan untuk upload, data seluler lebih cepat menyelesaikannya. Sayang tidak dijelaskan terperinci berapa kecepatannya.

Jika dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya, Indonesia bisa dibilang sebagai salah satu yang terburuk. Hanya Filipina negara yang kecepatan internetnya lebih lambat, baik itu wi-fi (7,6 Mbps) maupun data seluler (6,3 Mbps).




Singapura menjadi negara dengan internet tercepat di Asia Tenggara, dengan rincian pada wi-fi sebesar 72,8 Mbps dan data seluler 38,8 Mbps. Sedangkan Myanmar jadi satu-satunya negara ASEAN yang kecepatan data selulernya (14,3 Mbps) lebih ngebut ketimbang wi-fi (4,7 Mbps).

Selain Myanmar, ada 32 negara lain yang memilik nasib serupa, seperti Australia, Qatar, dan Prancis. Menurut OpenSignal, hal ini bisa terjadi karena jaringan wi-fi yang terlalu penuh.



Simak video 'Selain WiCo 2.0, Telkom Juga Luncurkan WiFi Station':

[Gambas:Video 20detik]

Perlu Tahu! Ini Kecepatan Wi-Fi dan Data Seluler di Indonesia
(mon/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed