Minggu, 30 Sep 2018 08:10 WIB

Lagi, Kominfo Kirim 100 Telepon Satelit ke Donggala dan Palu

Ahmad Bil Wahid - detikInet
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Guna mempermudah koordinasi tanggap darurat di wilayah Donggala dan Palu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali mengerahkan telepon satelit.

Dalam siaran persnya yang diterima detikINET, Minggu (30/9/2018), sebanyak 31 telepon satelit dikerahkan Kominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI). Jumlah tersebut lebih banyak satu unit dari yang telah diberitakan sebelumnya.



Kominfo juga akan memobilisasi 100 telepon satelit yang sebelumnya digunakan dalam penanganan gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, beberapa waktu lalu.

"Dari Lombok kita akan deploy ke Palu juga," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara saat ditemui di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Berdasarkan data yang dicatat oleh Kominfo, hingga pukul 13.00 WIB, terdapat 1.678 Base Transceiver Station (BTS) dari total 4.193 BTS yang tidak berfungsi pascagempa bumi mengguncang di Sulawesi Tengah.



Kenaikan angka menjadi 40,02% BTS yang tidak berfungsi itu, karena terkendala pasokan listrik. Sementara itu, daya baterai cadangan sudah habis dan tidak bisa mendukung kebutuhan opersional BTS.

Kominfo memaparkan, sebanyak 1.678 BTS tersebut tersebar di sembilan wilayah, diantaranya Kabupaten Banggai sebanyak 163 BTS, Kabupaten Poso 150 BTS, Donggala 14 BTS, Tolitoli 172 BTS, Kabupaten Buol 3 BTS, Kabupaten Morowali 1 BTS, Kabupaten Parigi Moutong 7 BTS, dan Kabupaten Tojo Una-Una 1 BTS. Jumlah BTS yang tidak bisa berfungsi terbanyak di Kota Palu sebanyak 1167 BTS.



Kominfo Totalitas dalam Penyembuhan Komunikasi di Palu, tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(agt/agt)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed