BERITA TERBARU
Kamis, 09 Agu 2018 06:22 WIB

Telkomsel Pamer Bus Tanpa Sopir di Asian Games

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Bandar Lampung - Telkomsel sebagai Official Mobile Partner Asian Games 2018 menyajikan sejumlah peningkatan pelayanan selama gelaran tersebut. Tidak terkecuali uji coba jaringan 5G di venue utama Asian Games, Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

"Kita sudah mempersiapkan 5G bekerjasama dengan Kominfo dan Kominfo Korea Selatan untuk menghadirkan real 5G di Indonesia yang nanti experience center-nya ada di GBK," ungkap Ivan C Purnama, Vice President Next Generation Network Telkomsel ketika ditemui seusai Torch Relay Asian Games 2018 di Bandar Lampung, Rabu (8/8/2018).


"Jadi di jalan masuk GBK nanti akan ada experience center dan mudah-mudahan kalau tidak ada halangan minggu depan bisa kita launching," sambungnya.

Telkomsel sendiri akan menggunakan spektrum 28 GHz untuk mengoperasikan 5G-nya. Teknologi 5G yang digunakan Telkomsel merupakan teknologi baru yang disebut beamforming.

"Jadi itu teknologi baru di 5G dimana beam itu, frekuensi itu tidak melebar tapi ditembak," jelas Ivan.

Telkomsel merilis kartu perdana edisi khusus Asian Games 2018.Telkomsel merilis kartu perdana edisi khusus Asian Games 2018. Foto: Telkomsel
Salah satu teknologi yang paling dinanti dari uji coba ini adalah bus tanpa supir yang akan mengelilingi GBK. "Satu yang unik mungkin nanti ada autonomous bus yang sering dibilang pak menteri itu akan jalan di GBK. Jadi teman-teman bisa merasakan bagaimana naik bus tanpa sopir yang memakai teknologi 5G," jelasnya.

Bus otonom yang dioperasikan oleh Telkomsel ini merupakan bus kecil dengan muatan sekitar 15 orang. Telkomsel bekerjasama dengan ST Engineering untuk menghadirkan bus ini.

Selain bus otonom, di 5G experience center milik Telkomsel masyarakat akan bisa menikmati berbagai aktivitas menarik seperti remote driving, Virtual Reality (VR) foottball, dan VR cycling.

Telkomsel Pamer Bus Tanpa Sopir di Asian GamesBus 5G Wireless milik Huawei yang dipamerkan di MWC 2018. Foto: undefined


"Untuk use case-nya sendiri akan ada contohnya remote driving dimana orang bisa mengendalikan mobil dari jarak jauh. Juga nanti ada VR football, jadi nanti kita melihat, merasakan nonton football tapi dalam kondisi yang real time," ujar Ivan.

5G experience center ini terbuka untuk umum. Namun, karena keterbatasan kapasitas masyarakat yang ingin mencoba harus mendaftar terlebih dahulu.

"Masyarakat bisa memakai. Harus daftar karena kapasitasnya terbatas. Nanti cara-cara daftarnya, contohnya bisa memakai TCASH. Daftarnya bisa di tempat," ucap Ivan.

5G experience center ini akan dibuka untuk partner dan media pada tanggal 15 Agustus 2018. Sedangkan akan dibuka untuk umum bersamaan dengan upacara pembukaan Asian Games pada 18 Agustus 2018. (afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Elon Musk Sebaiknya Dilengserkan

    'Elon Musk Sebaiknya Dilengserkan'

    Senin, 20 Agu 2018 08:34 WIB
    Wawancara emosional Elon Musk dengan New York Times cukup mengejutkan. Analis pun menilai investor bisa saja menginginkan sang Iron Man mundur.
  • Gmail Android Bisa Kirim Email Rahasia

    Gmail Android Bisa Kirim Email Rahasia

    Senin, 20 Agu 2018 07:47 WIB
    Pengguna Gmail di Android kini kebagian sebuah fitur baru yang membuat mereka bisa mengirim email dengan attachment secara aman dan rahasia.
  • photo Ini Hasil Jepretan Oppo F9 FotoINET

    Ini Hasil Jepretan Oppo F9

    Senin, 20 Agu 2018 07:00 WIB
    Salah satu keunggulan yang ditawarkan Oppo F9 adalah sektor kameranya. detikINET sempat menjajal kemampuan kamera ponsel ini, berikut hasilnya!
  • Remaja Curi Data 90 GB dari Server Apple

    Remaja Curi Data 90 GB dari Server Apple

    Minggu, 19 Agu 2018 21:44 WIB
    Seorang remaja asal Melbourne, Australia menghadapi tuntutan hukum setelah mengakses jaringan backend milik Apple selama beberapa kali dan mencuri data.
  • Mantan Karyawan Ungkap Sisi Lain Tesla

    Mantan Karyawan Ungkap Sisi Lain Tesla

    Minggu, 19 Agu 2018 21:13 WIB
    Martin Tripp, seorang mantan karyawan Tesla, memposting sejumlah foto yang ia klaim diambilnya dari dalam pabrik Tesla yang berada di Nevada, Amerika Serikat.