BERITA TERBARU
Rabu, 08 Agu 2018 07:36 WIB

Laporan dari Orlando

Peluncuran Satelit Merah Putih Jadi Bahasan Media AS

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foto: detiKINET/Iswahyudi Foto: detiKINET/Iswahyudi
FOKUS BERITA Satelit Merah Putih
Orlando - Peluncuran satelit Merah Putih menyita perhatian tak hanya media Indonesia, tetapi juga Amerika Serikat, negara tempat peluncuran berlangsung. Mereka ramai-ramai menurunkan berita tentang keberhasilan peluncuran satelit yang dilesatkan roket milik SpaceX itu.

Pengamatan detikINET, cukup banyak wartawan lokal dari berbagai media melakukan peliputan langsung ke lokasi peluncuran di Cape Canaveral, Florida. Mereka ikut antusias ketika roket Falcon 9 melesat ke angkasa, mengantarkan satelit Merah Putih menuju orbitnya.

Perhatian terutama ditujukan pada kecanggihan teknologi terbaru roket Falcon 9, di mana booster roket dapat mendarat kembali ke Bumi untuk digunakan kembali, setidaknya sampai 10 kali. Satelit Merah Putih giliran kedua menggunakannya, setelah Mei lalu dipakai satelit dari Bangladesh.


'One of SpaceX's powerful new Falcon 9 rockets pulled off its second mission tonight' adalah laporan dari media teknologi The Verge.

"Roket Block 5 SpaceX yang sudah pernah dipakai sukses mengangkasa dari Cape Canaveral Air Force Station pada pukul 1.18, mengantarkan satelit Merah Putih. Booster Falcon 9 sukses kembali mendarat di salah satu drone ship perusahaan di Atlantik, menjadi booster ke-28 yang dapat mereka ambil kembali," tulis mereka.

Peluncuran Satelit Merah Putih Jadi Bahasan Media ASBooster Falcon 9 sesaat setelah mendarat kembali ke Bumi. Foto: YouTube/SpaceX


'SpaceX launches Indonesian satellite in its 15th flight this year' merupakan berita yang diturunkan oleh Mashable. "SpaceX meluncurkan satelit Indonesia dalam penerbangan mereka yang ke-15 tahun ini. Ini juga penerbangan ulang pertama roket baru Falcon 9 Block 5 yang pertama kali meluncur Mei lalu," tulis mereka.

Adapun media Space Flight Now yang membahas khusus soal antariksa menayangkan berita yang berjudul 'Indonesian communications satellite deployed in orbit by SpaceX'.

"Diterbangkan pada tengah malam dari Cape Canaveral, sebuah roket SpaceX Falcon 9 dengan tenaga dari booster stage pertama daur ulang melesat ke orbit bersama satelit komunikasi Indonesia," begitu kurang lebih laporan mereka.


"Stage pertama roket Falcon 9 dijatuhkan dari langit malam beberapa menit kemudian menuju lautan Atlantik, dengan pendaratan presisi ke drone ship 'Of Course I Still Love' milik SpaceX yang diparkir beberapa ratus mil di timur Cape Canaveral," tambah mereka.

"Misi dengan satelit komunikasi Merah Putih, yang dipunyai Telkom Indonesia, adalah kali pertama SpaceX menerbangkan kembali booster Block 5," lanjut Space Flight Now dalam berita yang cukup panjang.

Tonton video Satelit Merah Putih, Kado Telkom untuk Indonesia:

[Gambas:Video 20detik]

(fyk/afr)
FOKUS BERITA Satelit Merah Putih

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Elon Musk Sebaiknya Dilengserkan

    'Elon Musk Sebaiknya Dilengserkan'

    Senin, 20 Agu 2018 08:34 WIB
    Wawancara emosional Elon Musk dengan New York Times cukup mengejutkan. Analis pun menilai investor bisa saja menginginkan sang Iron Man mundur.
  • Gmail Android Bisa Kirim Email Rahasia

    Gmail Android Bisa Kirim Email Rahasia

    Senin, 20 Agu 2018 07:47 WIB
    Pengguna Gmail di Android kini kebagian sebuah fitur baru yang membuat mereka bisa mengirim email dengan attachment secara aman dan rahasia.
  • photo Ini Hasil Jepretan Oppo F9 FotoINET

    Ini Hasil Jepretan Oppo F9

    Senin, 20 Agu 2018 07:00 WIB
    Salah satu keunggulan yang ditawarkan Oppo F9 adalah sektor kameranya. detikINET sempat menjajal kemampuan kamera ponsel ini, berikut hasilnya!
  • Remaja Curi Data 90 GB dari Server Apple

    Remaja Curi Data 90 GB dari Server Apple

    Minggu, 19 Agu 2018 21:44 WIB
    Seorang remaja asal Melbourne, Australia menghadapi tuntutan hukum setelah mengakses jaringan backend milik Apple selama beberapa kali dan mencuri data.
  • Mantan Karyawan Ungkap Sisi Lain Tesla

    Mantan Karyawan Ungkap Sisi Lain Tesla

    Minggu, 19 Agu 2018 21:13 WIB
    Martin Tripp, seorang mantan karyawan Tesla, memposting sejumlah foto yang ia klaim diambilnya dari dalam pabrik Tesla yang berada di Nevada, Amerika Serikat.