Peluncuran Satelit Merah Putih Bisa Dipantau di Sini

Peluncuran Satelit Merah Putih Bisa Dipantau di Sini

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 07 Agu 2018 11:18 WIB
Foto: Fino Yurio Kristo/detikINET
Jakarta - Satelit Merah Putih milik Telkom dijadwalkan mengangkasa hari ini, Selasa (7/8/2018). Kalian bisa ikut memantau peristiwa bersejarah ini lewat tayangan live streaming.

Akun YouTube resmi Telkom Indonesia, melalui channel Telkom Indonesia Official, akan menayangkan siaran langsung peluncuran satelit Merah Putih dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat.

Saat artikel ini diturunkan, pantauan detikINET, Selasa (7/8/2018), channel tersebut sedang bersiap menayangkan siaran langsung. Sejumlah komentar di akun tersebut terlihat antusias dan ikut mendoakan kelancaran proses peluncuran satelit.



Saat ini, roket Falcon 9 bersama satelit Merah Putih telah berdiri tegak di landasan Space Launch Complex 40.

Jika tidak ada aral melintang, satelit Merah Putih buatan perusahaan SSL ini akan diterbangkan pada 7 Agustus pukul 1.18 dini hari waktu Amerika Serikat. Itu berarti, sekitar jam 12 siang tanggal 7 Agustus untuk waktu Indonesia bagian barat.



Satelit Merah Putih yang berbobot 5,8 ton, akan diterbangkan oleh roket Falcon 9 setinggi 70 meter dan beratnya 580 ton. Roket ini terdiri dari 3 komponen, yaitu step 1, step 2, dan fairing, yang saat ini semuanya sudah utuh dalam satu kesatuan bersama satelitnya.

Satelit Merah Putih yang ongkos peluncurannya memakan investasi total sekitar USD 166 juta akan ditempatkan di orbitnya pada lokasi 108 bujur timur (BT). Berbagai proses akan dilaluinya sampai dinyatakan siap dioperasikan oleh Telkom.

detikINET pun akan melaporkan peluncuran satelit Merah Putih langsung dari Cape Canaveral. Rangkaian prosesi peluncuran dan berbagai laporan terkait satelit ini bisa diikuti melalui fokus Satelit Merah Putih.





Tonton juga 'Hore! Satelit Merah Putih Siap Diluncurkan':

[Gambas:Video 20detik]



Peluncuran Satelit Merah Putih Bisa Dipantau di Sini
(rns/rou)