Jumat, 27 Apr 2018 12:22 WIB

XL Janjikan Jaringan Lancar Saat Ramadan dan Lebaran

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi. Foto: GettyImages Ilustrasi. Foto: GettyImages
Jakarta - Trafik telekomunikasi, khusus layanan data akan kembali jadi primadona sepanjang Ramadan dan libur Lebaran nanti. Itu tak terlepas dari kebiasaan pelanggan, di mana cenderung mengakses data tak hanya untuk komunikasi, namun juga hiburan, media sosial, transaksi jual beli, perbankan, sampai mencari informasi.

XL menuturkan, trafik Ramadan dan Lebaran pada 2017 mencapai 3.700 TeraByte (TB). Sedangkan pada tahun ini, trafik di hari normal saja sudah menyentuh di angka 6.055 TB. Melihat pertumbuhan tersebut, XL memprediksi pada Ramadan dan Lebaran 2018 ini trafik di jaringannya meningkat 20-30%.

"Akses pada layanan streaming kemungkinan akan mengalami kenaikan yang signifikan, baik untuk streaming video maupun musik. Untuk itu, kami harus menyiapkan jaringan sebaik mungkin, antara lain dengan meningkatkan kapasitas di jaringan core, transmisi, juga kapastias radio di jalur mudik," tutur Direktur Teknologi XL Yessie D. Yosetya di acara media gathering di Pulau Bintan, Kepulauan Riau, Kamis malam (26/4/2018).



Saat Ramadan dan Lebaran nanti, layanan streaming video dan musik akan menjadi yang paling tinggi trafiknya di jaringan XL mencapai 48%. Kemudian penggunaan data secara berikutnya secara berurutan, pelanggan XL akan mengakses web browsing 16%, media sosial 14%, instant messaging 9%, storage sharing 5%, dan VoIP 2%.

Amankan Jalur Mudik

Menghadapi lonjakan trafik, XL melakukan penambahan kapasitas jaringan dengan eknologi Network Function Virtualization yang memiliki skalabilitas tinggi dalam pengembangan jaringan.

Untuk Lebaran 2018 penambahan kapasitas jaringan core, terutama difokuskan pada area Denpasar dan Medan. Penambahan kapasitas jaringan radio pada jalur dan area tujuan mudik dilakukan dengan antara lain menempatkan 49 Mobile BTS, penambahan kapasitas pada sekitar 4.000 BTS eksisting dan penambahan sekitar 8.500 BTS baru di jalur mudik, tujuan mudik dan tempat wisata yang ramai dikunjungi saat Lebaran.

Penambahan kapasitas transmisi dilakukan dengan meningkatkan kapasitas upstream internet menjadi 1.000 Gbps atau 3 kali lipat dibandingkan kapasitas pada lebaran 2017. Selain itu, juga dilakukan peningkatan kapasitas pada transmisi backbone antarpulau sebesar 460G.

Selanjutnya, juga dilakukan optimisasi dan rebalancing jaringan yang dilakukan secara digital di titik kumpul atau hotspot Lebaran, seperti antara lain tempat keberangkatan atau kedatangan pemudik dan tempat tujuan wisata, hingga mencapai total 344 titik lokasi.

Persiapan lainnya yang sudah dilakukan adalah memastikan kualitas jaringan di sepanjang jalur-jalur utama mudik, baik di Jawa, Sumatera, Kalimantan dan juga Sulawesi.

XL mengklaim sebagian besar jalur mudik utama telah terlayani dengan jaringan data berkualitas 4G. Di sepanjang Pulau Jawa, lebih dari 96% jalur mudik utama telah terlayani oleh jaringan 4G untuk jalan raya, sedangkan untuk jalur kereta api Jakarta - Surabaya, jaringan 4G telah mencapai lebih dari 90%.

Untuk di luar Jawa, lebih dari 94% jalur mudik utama di Sumatera dan 66% di Kalimantan diklaim telah tercover oleh jaringan generasi keempat.

Kemudian, pada tahun ini, lebih dari 97% area pada sepanjang tol dari Jakarta hingga Surabaya, sudah terlayani jaringan 4G. Sementara itu, untuk jalan raya non tol pantai utara Jawa dari Jakarta hingga Surabaya telah ter-cover layanan 4G LTE hingga sekitar 95%, dan jalur non-tol Pantai Selatan mencapai sekitar 90%. (agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed