BERITA TERBARU
Rabu, 18 Apr 2018 17:44 WIB

Indosat Tak Cuma Pentingkan Pulau Jawa

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
CEO Indosat Joy Wahyudi. (Foto: Muhamad Alif Goenawan/detikINET) CEO Indosat Joy Wahyudi. (Foto: Muhamad Alif Goenawan/detikINET)
Lampung - Pembangunan jaringan internet seluler yang merata di Indonesia, khususnya 4G LTE, menjadi perhatian semua operator telekomunikasi, tak ketinggalan Indosat Ooredoo. Karenanya di tahun ini, Indosat mengungkapkan keinginannya untuk fokus memperkuat jaringan di luar Pulau Jawa.

Sebagai permulaan, Indosat memulai fokusnya ini di provinsi Lampung. Sebelumnya, jaringan 4G LTE memang sudah hadir di provinsi ini sejak beberapa tahun yang lalu. Namun, kini jaringan tersebut semakin diperkuat dan dimeratakan di 15 kabupaten dan 213 kecamatan dengan tambahan 606 BTS enodeB untuk 4G.

Dalam sebuah event yang diadakan di Hotel Sheraton, Lampung, Rabu (18/4/2018), Presiden Direktur dan CEO Indosat Joy Wahyudi mengatakan bahwa tahun 2018 adalah tahun di mana Indosat ingin kembali ke dasar. Maksud dari kata kembali ke dasar adalah Indosat ingin mengembangkan apa yang selama ini ditinggalkan.



"Strategi tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalau tahun sebelumnya kami membangun (jaringan) ya membangun sebanyak-banyaknya di luar Jawa tapi ya agak tipis. Mungkin kemarin kuatnya hanya di Bandar Lampung. Sekarang kami kembangkan tidak hanya di Bandar Lampung tapi juga di kota-kota kedua dan kota-kota ketiga. Nah, Lampung ini menjadi contoh permodelan," ujar Joy.

Karenanya, lanjut Joy, nantinya diharapkan hal seperti ini tak terhenti sampai di situ. Ada empat kota lagi yang akan dibangun serupa dengan Lampung.

"Mudah-mudahan yang kami harapkan tentunya dengan hasil daripada cara yang mungkin selama ini berbeda kami bisa melahirkan Indosat versi Jawanya gitu. Dimana coverage dan kapasitas lebih terjamin bila kita bicara kondisi di luar Jawa," ujarnya.

Untuk rencana peningkatan jaringan di empat kota tadi sayang Joy tidak menyebut secara spesifik. Ia hanya mengatakan bahwa kota yang dimaksud antara lain satu kota di Sumatera, satu kota di Kalimantan, dan dua di Sulawesi.


Sebagai pembuktian bahwa pihaknya sudah memeratakan akses internet 4G di Lampung, detikINET dan beberapa awak media diajak menyusuri Jalan Lintas Sumatera dari bandara Raden Inten II. Dalam drive test Indosat mencoba membuka YouTube sampai kualitas 4K sekalipun yang hasilnya tak pakai buffering.

"Kenapa Lampung yang menjadi pilot proyek Indosat? Karena Lampung ini menjadi salah satu provinsi transit ketika para pemudik akan melanjutkan perjalanannya ke kota-kota Sumatera. Dan beberapa tahun lalu masih banyak terdapat blank," tambah Joy. (rns/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed